Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Tangan Patek Philippe Milik John Lennon yang Lama Hilang, Ditemukan Kembali

Kompas.com - 13/09/2023, 20:08 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Dalam dunia pembuatan jam tangan atau horologi, arloji bukan sekadar alat penunjuk waktu, namun dianggap karya seni hingga bisa menjadi legenda.

Salah satu contohnya adalah arloji Patek Philippe 2499 perpetual calendar kronograf yang memiliki hubungannya dengan John Lennon, musisi asal Liverpool, Inggris, yang mendirikan The Beatles bersama Paul McCartney.

Adapun arloji itu merupakan pemberian kekasih Lennon, Yoko Ono, saat ulang tahun Lennon yang ke-40 pada Oktober 1980. Barangkali ini merupakan hadiah terakhir karena pada Desember 1980, musisi itu ditembak hingga tewas di depan kediamannya di New York.

Jam tangan Patek Philippe 2499 milik Lennon ini sempat dikabarkan hilang, dicuri oleh mantan sopir Yoko Ono, namun ditemukan baru-baru ini menjadi milik pengacara seorang kolektor jam tangan Italia. Kolektor itu sendiri mendapatkannya dari rumah lelang Jerman, yang kini sudah tutup.

Meski demikian, hukum resmi pengadilan Jenewa memutuskan bahwa Yoko Ono adalah pemilik sah jam tangan tersebut, sebuah keputusan yang dilawan oleh pemegang benda tersebut saat ini.

Baca juga: Arloji Patek Philippe Milik Kaisar Terakhir China Cetak Tiga Rekor

John Lennon, Yoko Ono, dan Patek Philippe 2499 John Lennon, Yoko Ono, dan Patek Philippe 2499
Hal lain yang membuat jam tangan ini unik dan istimewa --selain karena buatan Patek Philippe tentu saja-- adalah adanya ukiran yang mengisyaratkan sebuah lagu ciptaan Lennon dan Yoko Ono.

Dalam dunia arloji, Patek Philippe 2499 adalah seri yang diidamkan banyak orang. Craftmanship yang rumit dan sejarah di baliknya menjadikannya harta karun yang diimpikan para kolektor.

Penulis “Invest in Watches: The Art of Watch Collecting”, Marc Montagne, menyebutkan, “Tidak diragukan lagi ini merupakan salah satu jam tangan yang paling dicari di mana banyak orang ingin melihatnya lagi.”

Tim hukum Yoko Ono memperkirakan nilai dari Patek Philippe 2499 tersebut setidaknya Rp 69 miliar di zaman ini.

Namun, bagi kolektor jam tangan dan penggemar John Lennon, nilainya pasti lebih dari itu, karena arloji ini telah menjadi legenda yang memadukan kisah cinta, musik, dan keanggunan horologi.

Baca juga: 4 Jam Tangan Termahal Sepanjang Masa, Semuanya Merek Patek Philippe

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com