Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengejar Gairah akan Kecepatan, TAG Heuer Hadirkan Carrera Chronosprint x Porsche

Kompas.com - 19/09/2023, 21:35 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di dunia jam tangan, TAG Heuer Carrera dianggap sebagai salah satu karya perpaduan tepat antara craftsmanship dunia horologi dengan ajang balap mobil.

Terinspirasi oleh semangat dan keberanian rally Carrera Panamericana di Meksiko, arloji seri Carrera dirilis pada tahun 1963 di bawah visi Jack Heuer, cicit dari Edouard Heuer, pendiri TAG Heuer, yang menyukai dunia balapan.

Saat mendesain Carrera, yang ada di pikiran Jack Heuer adalah menghadirkan jam tangan untuk pengemudi profesional dan penggemar mobil sport, sehingga detail jam ini memudahkan pembalap melihat waktu. Saat itu Jack merombak arloji karya Edouard, yakni kronograf Time of Trip, menjadi Carrera.

Jack Heuer membayangkan Carrera sebagai jam tangan berkendara klasik yang memadukan fungsionalitas dengan keindahan dan harus menjadi jam tangan yang dapat diandalkan oleh pengemudi profesional melalui desain bersih yang tidak mengganggu saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: Perkembangan TAG Heuer Carrera dari Masa ke Masa

TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche
Sementara pabrikan mobil Porsche juga memiliki seri Carrera. Dilansir laman pers Porsche, manufaktur Porsche mulai dikenal ketika seorang pembalap bernama Hans Herrmann mengikuti perlombaan Carrera Panamericana tahun 1954.

Sebagai informasi, Carrera Panamericana merupakan ajang balapan endurance sejauh 3.000 kilometer yang dilakukan di jalan raya di Meksiko. Ajang ini hampir mirip dengan Mille Miglia dan Targa Florio di Italia.

Nah, di ajang tersebut, Herrmann "terjun" di kelas mobil sport 1.500 cc dengan mengendarai Porsche 550 Spyder. Tujuan utama Porsche mengikutsertakan Herrmann dengan 550 Spyder kala itu adalah menguji kinerja mesin boxer empat silinder yang dibekali 110 daya kuda, serta empat noken as (camshaft) yang digerakkan lewat poros vertikal.

Dengan Spyder 550, Herrmann berhasil memenangkan kelas cc kecil di ajang Carrera Panamericana dan berada di peringkat ketiga dalam klasemen keseluruhan. Keenam mobil balap Porsche lain yang diturunkan dalam ajang itu juga menorehkan catatan "manis".

Melihat hasil positif yang diraih di Carrera Panamericana, Porsche terinspirasi untuk memakai nama "Carrera" guna menggambarkan model dan mesin mobil dengan spesifikasi terbaik.

Baca juga: TAG Heuer Sambut 60 Tahun Carrera dengan 2 Kreasi Kronograf

TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche
Nah, meski kedua merek ini mendapatkan inspirasi dari Carrera untuk produknya, namun kerja sama TAG Heuer dan Porsche baru terjalin pada tahun 2021. Arloji hasil kolaborasi keduanya diberi nama "TAG Heuer Carrera Porsche Chronograph Special Edition."

Kini, dua tahun kemudian, kolaborasi itu dijalin kembali lewat arloji terbaru, yakni TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche, sebagai peringatan 60 tahun TAG Heuer Carrera dan lahirnya Porsche 911.

Arloji ini diluncurkan sebagai bentuk penghormatan kepada Porsche 911 (awalnya bernama 901 karena mobil ini bisa mencapai 0-100 km/jam hanya dalam 9,1 detik). Porsche 911 diluncurkan pada tahun 1963, tahun yang sama dengan perilisan TAG Heuer Carrera.

Frédéric Arnault, CEO TAG Heuer menyebutkan bahwa Carrera Chronosprint x Porsche secara sempurna mencerminkan esensi motorsport dalam sebuah arloji.

"Pemanfaatan teknologi mutakhir, desain unik, nilai-nilai presisi, inovasi, dan penghormatan terhadap sejarah menjadi inti dari kolaborasi ini," ujarnya dalam pernyataan.

Dengan casing berdiameter 42 mm yang dibuat menggunakan stainless steel atau emas, jam tangan ini memancarkan aura otomotif yang kuat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com