Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Infeksi Gigi dan Gusi Bisa Memicu Penyakit Jantung

Kompas.com - 20/09/2023, 07:42 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Infeksi pada gusi sering disepelekan, padahal jika tidak cepat diatasi bisa menimbulkan komplikasi serius, yaitu gangguan pada jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara jantung dengan kesehatan mulut yang buruk. Bakteri dari saluran akar gigi yang terinfeks maupun penyakit gusi (periodontitis), dapat menyebar ke katup dan selaput jantung melalui aliran darah.

"Ada beberapa kasus yang ditemukan memang ada kaitan antara penyakit jantung endokarditis (infeksi di jantung), setelah dicek pasien di giginya banyak sekali infeksi," kata drg. Rina Permatasari Sp.KG dalam wawancara secara virtual (19/9/2023).

Ia menambahkan, pada orang yang memiliki risiko penyakit jantung atau memiliki penyakit jantung bawaan, wajib menjaga kebersihan gigi dan mulutnya.

"Juga pada pasien yang sudah mengalami penyakit jantung koroner, penyumbatan arteri, bahkan pasien stroke, kondisi mulut dan giginya harus dijaga supaya jangan ada infeksi yang bisa memperberat kelainan pada jantungnya," papar dokter gigi dari RS Pondok Indah, Pondok Indah Jakarta Selatan ini.

Baca juga: 5 Penyebab Sakit Gigi yang Paling Umum dan Cara Mencegahnya

Perjalanan penyakit dari infeksi gusi ke jantung memang berjalan lama. Selain itu, tidak selalu orang yang mengalami infeksi gigi dan mulut akan mengalami kelainan jantung.

"Tetapi risikonya akan lebih besar jika kita punya infeksi di gigi," ujar drg Rina.

Mulut dapat menjadi tempat bersarangnya bakteri yang bisa menyebar ke organ tubuh lain. Bukan cuma jantung, tetapi juga paru, pankreas, otot, hingga ginjal.

Kebersihan gigi dan mulut yang kurang baik menjadi awal dari terjadinya infeksi yang jika dibiarkan dapat menyebar melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh.

Cara menjaga kebersihan gigi

Kesehatan gigi dan mulut merupakan cerminan kesehatan tubuh secara umum. Karena itu, untuk memiliki tubuh yang sehat kita tidak boleh abai pada kebersihan gigi dan mulut.

Drg Rina mengingatkan agar kita selalu menjaga kebersihan gigi.

"Gigi berlubang atau penyakit gusi penyebabnya mirip, kebersihan mulut yang kurang. Kita suka menyepelekan dan tidak melakukan," katanya.

Baca juga: Seberapa Sering Kita Harus Menyikat Gigi?

Perawatan dasar sehari-hari untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah menyikat gigi 2-3 kali sehari dengan teknik, frekuensi, dan durasi yang benar.

Cara lain adalah menggunakan benang gigi untuk menghilangkan plak, memakai obat kumur, dan juga menyikat lidah. Jangan lupa memeriksa gigi ke dokter gigi dua kali setahun untuk membersihkan karang gigi atau mendeteksi masalah pada gigi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com