Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/08/2023, 17:28 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Senyum indah yang dihiasi deretan gigi yang rapi dan putih cemerlang memang bisa meningkatkan daya tarik penampilan. Pada akhirnya ini akan menunjang berbagai aspek dalam hidup kita dan mendatangkan rasa bahagia.

Studi tahun 2019 yang diterbitkan oleh Cigna menunjukan ada hubungan antara kesehatan mulut dan kepercayaan diri. Sekitar 93 persen responden menjawab kepercayaan diri mereka sangat baik saat kondisi gigi dan mulutnya sehat.

Selain itu, orang yang rutin ke dokter gigi dua kali setahun merasa lebih "pede" dibanding orang yang hanya melakukan perawatan gigi setahun sekali atau tidak sama sekali.

"Senyum yang indah bukan cuma soal estetika, tapi juga kesehatan. Dengan mengabaikan perawatan gigi dan mulut bisa timbul masalah serius seperti penyakit gusi, karies, infeksi mulut, dan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan," kata Chief Orthodontist Klar Smile drg.Adelia Susanto MM Sp.Ort.

Baca juga: Cara Mengunyah Berbagai Makanan yang Tepat demi Kesehatan Gigi

Klar Purple Teeth Whitening Booster. Dok KlarSmile Klar Purple Teeth Whitening Booster.
Selain perawatan rutin ke dokter gigi, yang tidak kalah penting adalah perawatan sehari-hari di rumah.

Menurut drg.Adelia, seperti merawat kulit atau rambut, merawat gigi juga merupakan bagian penting dari perawatan diri yang tidak boleh diabaikan.

Perawatan yang perlu dilakukan untuk routine care di rumah terdiri dari menyikat gigi 2 kali sehari dan juga membersihkan rongga mulut.

"Menyikat gigi saja tak cukup, karena gigi hanya 25 persen dari rongga mulut. Jadi untuk membersihkan rongga mulut secara maksimal, kita juga perlu menggunakan mouthwash untuk mencegah
masalah gigi seperti gigi berlubang, penyakit gusi, dan untuk mencegah bau mulut, sehingga kita bisa mendapatkan senyuman yang lebih sehat," kata drg Tammy Shabab.

Perawatan gigi di rumah

Untuk mendorong masyarakat agar tak lupa melakukan perawatan gigi rutin tersebut, Klar Smile, mengampanyekan "Smilecare is the New Skincare".

Baca juga: Inovasi Obat Kumur Serum, Jaga Kebersihan Sekaligus Putihkan Gigi

“Klar mempunya misi menghadirkan senyum indah dan sehat untuk seluruh konsumen Indonesia. Untuk itu, Klar Smile menyediakan produk kesehatan mulut yang terjangkau dan berkualitas tinggi, yang diformulasikan oleh dokter gigi dan dibuat dengan bahan-bahan terbaik dan gentle," kata Chief Commercial Officer Klar Smile, Krisna Mukti.

Ia menambahkan, Klar Smile menghadirkan pengalaman baru dalam bidang smile care melalui produk-produknya, seperti clear aligner, dan dua produk terbaru yaitu sikat gigi elektrik Klar Sonic Toothbrush dan pemutih gigi Klar Purple Teeth Whitening Booster.

Krisna menjelaskan, Klar Sonic Toothbrush hadir dengan teknologi inovatif untuk hasil menyikat gigi yang optimal, memiliki 25.000+ getaran sapuan per menit dengan bulu sikat ultra lembut dan padat, tiga kali lebih membersihkan dan menghilangkan plak dibandingkan sikat gigi manual, sehingga gigi terasa lebih bersih dan sehat dari sebelumnya.

Sedangkan Purple Teeth Whitening Booster merupakan produk pemutih gigi dengan menggunakan color correcting technology dan pigmen ungu ViP 34. Warna pada pigmen ungu ViP 34 adalah campuran dari pigmen merah CI 17200 dan biru CL 42090.

Produk ini bekerja dengan cara menyamarkan noda kuning pada gigi dan menghasilkan warna putih yang lebih cerah.

Dijelaskan oleh drg.Reina, color correcting technology pigmen ViP 34 bisa menetralkan dan menyamarkan noda kekuningan pada gigi sehingga gigi menjadi lebih cerah.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, yaitu seperti pasta gigi yang tinggal disikat ke gigi. Kompas Lifestyle telah mencoba produk ini pemutih gigi ini dan tidak ada efek nyeri atau ngilu, bahkan pada gigi yang sensitif.

Baca juga: Apakah Aman Memutihkan Gigi dengan Baking Soda?

Kehadiran produk-produk perawatan gigi di rumah yang praktis ini diharapkan dapat membuat banyak orang menganggap perawatan mulut sehari-hari adalah kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikkan, bukan tugas rutin biasa.

Meski kini makin banyak produk perawatan gigi untuk di rumah, namun drg.Adelia mengingatkan agar kita berhati-hati memilih produk yang aman dan telah mendapat ijin BPOM, serta memang direkomendasikan oleh dokter gigi.

"Agar gigi sehat terawat, hindari produk yang mengandung zat berbahaya seperti SLS (sodium laureth sulfate), paraben, alkohol, serta pewarna dan pemanis buatan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com