Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/09/2023, 19:02 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Bila mengunjungi Plasa Senayan di lantai dasar, kamu akan melihat deretan butik jam tangan yang bersebelahan satu sama lain.

Empat butik yang dibuka perusahaan ritel Time International itu itu adalah Panerai, IWC Schaffhausen, Piaget, dan Jaeger-LeCoultre.

Butik-butik ini menawarkan arloji kelas atas yang dibuat dengan keahlian tinggi dan desain menawan. Piaget, khususnya, juga menampilkan koleksi perhiasan yang dibuat dengan kualitas dan pengerjaan berkelas.

Setiap butik didesain dengan suasana elegan dengan interior menyesuaikan sejarah dan tema masing-masing brand, sehingga pelanggan bisa mendapatkan atmosfer yang tepat saat memasukinya.

Panerai

Butik Panerai di Plaza Senayan, Jakarta Butik Panerai di Plaza Senayan, Jakarta
Panerai adalah merek asal Italia yang pembuatan jam tangannya dilakukan di Swiss. Brand ini seolah menyatukan desain Italia dengan keahlian pembuatan arloji yang terkenal di Swiss.

Didirikan oleh Giovanni Panerai di Florence, Italia pada tahun 1860 sebagai bengkel dan toko, Officine Panerai kini berkantor pusat di Jenewa dan memproduksi jam tangan di Neuchâtel, Swiss.

Jam tangan Panerai lekat dengan dunia militer karena dipakai oleh Angkatan Laut Italia, dan dikenakan oleh pasukan katak Decima Flottiglia MAS dalam operasi mereka selama Perang Dunia II.

Desain-desain yang dikembangkan Panerai pada masa itu, antara lain Luminor dan Radiomir, dilindungi oleh Undang-Undang Rahasia Militer selama bertahun-tahun dan baru diluncurkan di pasar internasional setelah merek tersebut diakuisisi oleh Richemont Group di 1997.

Sebagai penghargaan atas sejarahnya, butik Panerai di Plaza Senayan yang luasnya 43 meter persegi, dihiasi dengan furnitur dan ornamen Italia, dengan lantai marmer yang akan mengingatkan kita pada asal Panerai di Florence.

Di sana kita bisa mendapatkan koleksi terkenal termasuk jam tangan Submersible, Luminor, dan Radiomir. Pilihannya pun beragam, dari yang masih menyisakan gaya militer, hingga yang cocok dipakai sehari-hari di perkotaan.

Baca juga: Panerai Radiomir, Jam Tangan Italia Pertama yang ke Luar Angkasa

IWC Schaffhausen

Butik IWC di Plaza Senayan, Jakarta Butik IWC di Plaza Senayan, Jakarta
IWC Schaffhausen adalah produsen jam tangan mewah yang berlokasi di Schaffhausen, kota di Swiss yang dekat dengan Jerman.

Didirikan oleh pembuat jam tangan Amerika Florentine Ariosto Jones pada tahun 1868, perusahaan tersebut dijual ke keluarga Rauschenbach pada tahun 1880, dan menjadi anak perusahaan Richemont Group sejak tahun 2000.

IWC dulunya dikenal dengan nama International Watch Chronology sebelum akhirnya menjadi International Watch Company. Brand ini terkenal karena jam tangan pilotnya yang menjadi pionir dalam penggunaan keramik dan titanium dalam pembuatan jam tangan.

Dengan perjalanan selama lebih dari 150 tahun, IWC Schaffhausen memperoleh reputasi internasional berkat keteguhan inovasi dan kecemerlangan teknis.

Lebih mengutamakan prinsip “bentuk mengikuti fungsi”, setiap karya IWC Schaffhausen yang terlihat simpel dipastikan handal, akurat, dan kuat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com