Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muklay Tuangkan Desain Soal Sustainability di Botol Minum Hydro Flask

Kompas.com - 23/09/2023, 16:40 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Merek botol air minum asal Oregon, AS, Hydro Flask meluncurkan koleksi terbarunya yang berkolaborasi dengan senimal visual lokal Jakarta, Muklay.

Ini sekaligus menjadi kolaborasi pertama Muklay dengan Hydro Flask, di mana ia mendesain beberapa karakter surealis yang ditampilkan pada koleksi tumbler terbaru.

Karakter-karakter Muklay yang pop dan menyenangkan akan menjadi bagian dari penggemar Hydro Flask dan mencerahkan mood dalam menemani keseharian kita.

Brand Manager Hydro Flask Indonesia, Putra Septian Perdana atau akrab disapa Tian menjelaskan, pemilihan Muklay sebagai kolaborator salah satunya karena karyanya yang dikenal unik dan memiliki ciri khas.

"Sebenarnya kalau kolaborasi bersama seniman lokal ini bukan yang pertama. Dengan Muklay berarti sudah keempat kali," kata Tian saat ditemui dalam acara peluncuran koleksi terbaru Hydro Flask di Senayan City, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

"Selain karena karya-karyanya, Muklay juga punya daya tarik lebih karena dia memang pernah banyak kolaborasi dengan merek-merek dari luar," terangnya.

Melalui tema #RefillForGood, seniman visual Muklay menuangkan desain mata pada karakter-karakter yang dibuatnya untuk memceritakan tentang alam dan kehidupan manusia.Hydro Flask Indonesia Melalui tema #RefillForGood, seniman visual Muklay menuangkan desain mata pada karakter-karakter yang dibuatnya untuk memceritakan tentang alam dan kehidupan manusia.

Melalui tema #RefillForGood, Muklay pun menuangkan desain mata pada karakter-karakter yang dibuatnya untuk menceritakan tentang alam dan kehidupan manusia.

Sesuai dengan semangat langkah kecil dari dari tema #RefillForGood, koleksi ini diharapkan dapat berdampak besar untuk masa depan alam dan manusia.

"Ini adalah respons terhadap sebuah produk. Tadinya hanya ingin mendesain one side saja, tapi agar lebih maksimal jadinya sekalian dibuat pattern," ujar Muklay.

"Ide awal desainnya sendiri tidak jauh-jauh menggambarkan upaya pelestarian lingkungan yang sesuai dengan tujuan sustainability Hydro Flask," terangnya.

Menurut Muklay, untuk pengerjaannya sendiri, ia tidak mengalami banyak kendala. Bahkan, ia hanya membutuhkan waktu lima jam saja untuk menggambar desain.

"Jadi desain ini saya kerjakan hanya dalam waktu lima jam saja karena kebetulan saat itu sedang dalam perjalanan ke Filipina juga," katanya.

"Untungnya, Hydro Flask mempercayakan saya sepenuhnya soal desain seperti apa yang akan dibuat. Ini benar-benar hasil eksplorasi saya dan setiap karakter bisa diinterpretasikan masing-masing oleh orang yang memilikinya," sambung Muklay.

Lebih lanjut Tian menambahkan, selain tumbler atau botol minum, produk Hydro Flask juga hadir dalam berbagai macam pilihan seperti lunch bag hingga kitchenware.

"Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan kamindapat menjangkau pelanggan Hydro Flask lebih luas lagi, terutama bagi pencinta karya seni dan collectible item," imbuhnya.

Untuk koleksi dengan tampilan visual dari karya Muklay terdiri atas satu desain yang diterapkan ke dalam enam botol, yaitu dengan dua warna, hitam dan indigo, serta tiga ukuran botol mulai dari 18 oz, 24 oz dan 32 oz.

Bersamaan dengan peluncuran koleksi terbaru, Hydro Flask juga secara resmi membuka toko ke-4 di Indonesia, yang berlokasi di Senayan City.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com