Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting, Suplemen Omega-3 untuk Tingkatkan Kualitas ASI

Kompas.com - 27/09/2023, 20:42 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asupan nutrisi yang baik pada 1000 hari pertama kehidupan (HPK) yakni sejak dalam kandungan sampai usia 2 tahun, tidak hanya mendukung kesehatan fisik dan mental anak, tetapi juga berdampak pada kesehatan ibu, termasuk menghasilkan air susu ibu (ASI) yang berkualitas.

Selain kebutuhan makronutrien seperti protein, lemak, serta karbohidrat, ibu hamil dan menyusui juga wajib memenuhi asupan mikronutrien seperti asam folat, zat besi, yodium, kalsium, dan minyak ikan yang merupakan sumber DHA.

"DHA adalah lemak omega-3, mikronutrien yang penting di masa kehamilan dan menyusui. Jika tidak terpenuhi dengan baik, kekurangan asupan omega-3 dan DHA dapat menyebabkan tumbuh kembang bayi yang kurang optimal," kata Healthcare Communicator Kalbe Blackmores Nutrition, Dr Adeline Devita, saat acara Parenting Talk: Pentingnya Omega-3 Sejak Dini, Dukung Sehatnya Bunda untuk Si Kecil, di Central Park Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Baca juga: Nutrisi untuk Ibu Hamil dan Menyusui di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

"Sayangnya di Indonesia, masih banyak ibu menyusui yang belum teredukasi dalam pentingnya memenuhi asupan nutrisi mikronutrien termasuk omega-3 dan DHA. Padahal salah satu cara mudah untuk mendapatkan asupan omega-3 dan DHA bisa melalui minyak ikan sebagai sumber utamanya," lanjut Dr Adeline.

Selain dari makanan, Dr Adeline juga merekomendasikan ibu hamil dan menyusui mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kecukupan omega-3, khususnya dalam meningkatkan kualitas ASI.

"Makanan yang mengandung lemak omega-3 saja tidak cukup memenuhi kebutuhan mikronutrien karena akan mengalami proses absorbsi di dalam tubuh, sehingga kita bisa memaksimalkannya lewat suplemen," terangnya.

Mengonsumsi suplemen omega-3
Melihat pentingnya nutrisi dan manfaat dari DHA, Blackmores dan Guardian Indonesia bekerja sama untuk mengajak para ibu, terutama yang sedang menyusui, memenuhi kebutuhan mikronutrien agar dapat menghasilkan ASI yang berkualitas.

Melalui Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang memiliki kandungan 17 nutrisi esensial dan 0mega-3, diklaim dapat membantu ibu bisa memberikan kualitas ASI yang terbaik, sekaligus mencegah kekurangan gizi pada anak.

Baca juga: 9 Makanan Sumber Omega 3 dan Manfaatnya, Apa Saja?

"Kami mendukung kesehatan masyarakat Indonesia dengan menyediakan berbagai produk, serta layanan kesehatan dan kecantikan yang berkualitas, salah satunya Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold yang telah tersedia di seluruh gerai Guardian Indonesia," kata Malvin Tarigan selaku Head of Marketing Guardian Indonesia.

"Kerja sama ini merupakan bentuk komitmen kami dalam mendukung pemenuhan gizi harian para ibu sekaligus penurunan prevalensi stunting di Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, influencer dan ibu menyusui, Tasya Kamila, menyadari pentingnya asupan mikronutrien omega-3 dan DHA sejak awal kehamilan sekaligus untuk meningkatkan kualitas ASI.

"Dengan asupan nutrisi yang tercukupi di masa menyusui sekarang, aku yakin bisa memberikan ASI berkualitas untuk si kecil, sehingga bisa bantu tumbuh kembangnya di golden period ini," imbuhnya.

Baca juga: 3 Kesalahan Saat Menyusui dan Solusinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com