Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senayan City Fashion Nation 17th Hadirkan Karya Unik Desainer Lokal

Kompas.com - 29/09/2023, 08:32 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Senayan City Fashion Nation 17th Edition, perhelatan mode tahunan kembali hadir setelah sebelumnya sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

Acara yang dimulai sejak 21 September dan akan berlangsung hingga 30 September mendatang ini, berlangsung di Main Atrium lantai 1 Senayan City, Jakarta Pusat.

Leasing & Marketing Communication Director Senayan City, Halina, mengatakan "Senayan City telah konsisten mendukung industri fashion di Indonesia, dan Fashion Nation 17th Edition adalah wujud dari komitmen kami untuk mendorong bakat-bakat Indonesia dalam mode."

Mengangkat tema Artisan Á La Mode, Senayan City menghadirkan karya terbaru dari Adrie Basuki, Iyonono, dan Rinda Salmun pada Rabu (27/9/2023). Para desainer ini akan menampilkan deretan koleksi yang khas, kreatif di kancah mode Indonesia.

Dalam kolaborasi pertamanya bersama Senayan City, Adrie Basuki memamerkan 17 look yang terinspirasi oleh keberadaan gunung berapi Indonesia.

Baca juga: Peragaan Busana dan Instalasi Fesyen Warnai Fashion Nation ke-17

Untuk menghasilkan 17 look ini, Adrie mengaku membutuhkan waktu selama dua bulan.

Koleksi dengan nama "Magma" ini mencerminkan berbagai aspek gunung berapi, dari bentuknya hingga keindahan alam sekitarnya. Karya ini menggabungkan kain daur ulang buatan tangan "Marble Patchwork" dengan kain tenun tradisional.

Selain Adrie, koleksi desainer Iyonono juga turut menghiasi perhelatan mode ini, menghadirkan 20 look dalam koleksi terbarunya yang bertemakan "Bermain dengan Waktu." Koleksi ini memadukan elemen masa lalu, masa kini, dan masa depan.

Dalam tiga sequence yang berbeda, koleksi Iyonono menggambarkan perjalanan emosional yang unik, pencarian identitas, dan momen kebahagiaan dalam atmosfer pernikahan yang sederhana.

Tak hanya Adrie dan Iyonono, Rinda Salmun kembali berkolabrasi bersama Senayan City dengan menghadirkan 14 look.

Koleksi "Flourishing" yang memakan waktu produksi selama satu bulan ini terinspirasi oleh mekarnya bunga yang melambangkan pemulihan dunia pasca-pandemi.

Koleksi urban evening ini mengusung tema "Goth Royalty" dengan palet warna yang lebih gelap.

Baca juga: Peragaan Busana dan Instalasi Fesyen Warnai Fashion Nation ke-17

Rinda tetap setia pada identitas brandnya yang ramah lingkungan dengan menggunakan teknologi 3D printing dengan bahan yang dapat terdegradasi, menciptakan busana yang eco-friendly.

Selain ketiga desainer utama, dalam acara yang bertepatan dengan ulang tahun Senayan City yang ke-17 ini juga mempersembahkan desainer-desainer pilihan yang berkolaborasi dengan Senayan City, termasuk Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI),serta Amot Syamsuri Muda.

Tak hanya itu, ada pula no'om | no'mi, Ivan Gunawan, Lisa Ju, Purana, SOE Jakarta, Yuana Tanaya, Ghea Resort X Cover Me Not, OhmmbyBai, Saroong Atelier, dan Cita Tenun Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com