Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2023, 12:09 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Susah buang air besar alias sembelit merupakan masalah banyak orang. Semakin bertambah usia, masalah ini makin umum terjadi.

Sekitar 16 dari 100 orang dewasa mengalami sembelit atau konstipasi. Derajat keparahan konstipasi berbeda-beda, namun jika kita mengalami kesulitan mengosongkan perut sesering yang kita inginkan, pada dasarnya kita mengalami konstipasi.

Selain rasa tidak nyaman di perut, konstipasi juga bisa menyebabkan komplasi. Konstipasi yang berkepanjangan bisa menyebabkan hemoroid (ambeien) hingga prolaps rektum (terjadi ketika bagian dari rektum turun).

Baca juga: Gejala dan Penyebab Konstipasi pada Anak, Orangtua Perlu Tahu

Cara terbaik untuk mencegah konstipasi adalah menjaga agar kita rutin buang air besar. Untuk itu miliki kebiasaan sehat berikut ini:

1. Waktu makan yang konsisten
Orang yang ngemil sepanjang hari atau justru jarang makan ternyata lebih rentan mengalami sembelit. Karena itu, miliki waktu makan yang teratur dan konsisten.

"Irama normal tubuh untuk buang air besar adalah setelah istirahat dan setelah makan. Jadi menetapkan waktu makan yang konsisten dan waktu istirahat yang konsisten adalah kuncinya," kata dokter spesialis pencernaan Harmony Allison.

2. Makan sumber serat
Makanan yang tinggi serat sangat penting untuk memiliki pencernaan yang sehat.

"Serat adalah jenis karbohidrat. Makanan nabati seperti buah, sayuran, dan biji-bijian akan membantu memenuhi asupan serat harian," kata dokter spesialis pencernaan dan pakar obesitas, Supriya Rao.

Ia menjelaskan, serat membantu kita BAB dengan rutin karena akan mendorong makanan melalui saluran cerna. Serat akan menyerap air dan membentuk tinja sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Asupan serat yang cukup juga akan membuat perut kita kenyang lebih lama.

Rao mengingkatkan pentingnya serat larut air dan serat tidak larut dalam asupan sehari-hari. Contoh serat larut air misalnya buah, oat, dan sayuran. Sedang serat tidak larut air misalnya biji-bijian, gandung, apel, dan juga pisang.

Baca juga: Pisang Lancarkan BAB atau Memicu Sembelit?

3. Cukup minum air
Para pakar sepakat bahwa cukup minum air merupakan kunci utama mencegah sembelit.

4. Bergerak aktif
Tak kalah penting adalah terus bergerak aktif setiap hari. Lakukan olahraga 30 menit setiap hari.

"Cukup minum air dan olahraga rutin akan merangsang gerakan usus yang dibutuhkan untuk proses BAB," kata Dr.Tarun Sharma, dokter spesialis pencernaan.

Bila langkah-langkah ini tidak membantu, sebaiknya periksakan kesehatan saluran cerna ke dokter.

 Baca juga: 6 Tips Cegah Nyeri Ambeien, dari Cara Duduk hingga Jaga Kebersihan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com