Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/10/2023, 06:13 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kesehatan kuku adalah hal penting yang sering terlupakan dalam rutinitas perawatan tubuh kita. Padahal, perawatan kuku yang baik dapat tak hanya membuat tangan terlihat lebih cantik tapi juga membuat kuku menjadi lebih kuat.

Berikut tips menjaga agar kuku tetap sehat dari Nails Director Ruhee dan Eolin Nails, Stephanie Bernike.

Rajin melakukan manicure

Agar kuku tetap sehat kita harus rutin manicure. Stephanie menyebut manicure yang teratur membantu mencegah kuku tumbuh terlalu panjang, sehingga mengurangi risiko kuku kotor dan bakteri yang mungkin masuk di sela-sela kuku.

Kemudian, bagi kamu yang suka menggunakan nail gel, penting juga untuk memperhatikan tahap-tahap persiapan manicure.

Terkadang, beberapa orang mengeluhkan kuku mereka menjadi tipis setelah menghapus gel. Namun, sebenarnya, penipisan kuku bukan karena jenis gel yang digunakan, melainkan persiapan dan teknik penghapusan yang kurang tepat.

Menurutnya, kesalahan dalam salah satu tahapan ini dapat berdampak pada ketebalan kuku.

Baca juga: Cegah Infeksi Kulit, Pria Juga Butuh Merawat Kuku

Menghapus nail gel dengan benar

Selain itu, proses penghilangan nail gel juga harus dilakukan dengan hati-hati. Jika kamu menggunakan nail gel dan akan menghapusnya, Stephanie menyarankan lebih baik untuk pergi ke salon kuku.

Menghapus gel dengan benar di salon ini bertujuan agar memastikan kesehatan kuku asli tetap terjaga. Teknisi profesional akan memahami cara yang tepat untuk menghapus gel tanpa merusak kuku asli.

“Harus remove di tempat yang tepat dan dengan cara yang tepat juga karena beberapa kan banyak yang suka ngeluhin kukunya tipis ya setelah gel itu sebenarnya tipis itu bukan karena salah gelnya, tapi karena preparation ketika mengerjakan dan cara removalnya,” jelas Stephanie.

Nail serum dan kutikula oil

Salah satu kunci untuk memiliki kuku yang sehat adalah menjaga kelembapan kutikula dan memperkuat kuku dengan produk-produk khusus seperti kutikula oil dan nail serum.

Kutikula adalah lapisan tipis kulit yang melindungi kuku dari infeksi dan kerusakan. Memastikan kutikula tetap lembap adalah langkah penting dalam merawat kesehatan kuku kita.

Kutikula oil adalah produk yang dirancang khusus untuk menjaga kelembapan kutikula dan kuku. Selain kutikula oil, menggunakan hand cream secara teratur juga dapat membantu menjaga kelembapan kuku.

Tak hanya itu, Stephanie juga menyarankan bagi kamu yang memiliki kuku rapuh untuk menggunakan nail serum. Ini produk yang diformulasikan khusus untuk memperkuat kuku yang rapuh dan mudah patah.

Baca juga: Kenali, Manfaat Minyak Zaitun untuk Merawat Kuku

Kebiasaan menggigit dan mengopek kuku

Tidak hanya perawatan kuku yang dapat memengaruhi kesehatan kuku. Kebiasaan seperti menggigit kuku atau mengopek kuku juga dapat merusak kuku kita. Kuku yang sering digigit atau dikopek bisa terlihat rapuh dan bahkan botak.

“Kebiasaan kayak gitu itu bisa bikin kukunya jadi rusak. Jadi kukunya kayak habis gitu botak bisa juga kalau yang setelah pakai nail gel itu dia nge-remove enggak di salon tapi dikopek-kopekin sendiri. Nah itu bisa bikin kukunya jadi tipis dan rapuh,” ungkap Stephanie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com