Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2023, 12:23 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berhubungan seks secara rutin di masa subur memang dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Tapi faktanya, ketika seks dilakukan secara rutin rupanya ada faktor lain yang dapat dilakukan pasangan suami istri, yaitu memerhatikan waktu berhubungan intim yang tepat.

Ya, berbagai penelitian telah menunjukkan, ada waktu-waktu ideal berhubungan seks untuk bisa tingkatkan potensi kehamilan istri.

Baca juga: Alasan Seseorang Kentut Saat Berhubungan Seks dan Cara Mengatasinya 

Waktu terbaik berhubungan seks agar hamil

Para ahli mengatakan waktu terbaik berhubungan seks adalah saat pagi hari. Namun, pastikan keduanya (suami dan istri) pada malam hari mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Melissa M. Goist, MD, seorang asisten profesor obstetri dan ginekologi di The Ohio State University Medical Center mengatakan, agar cepat hamil pasangan disarankan untuk bercinta di pagi hari.

"Jika pasangan bertanya-tanya jam berapa sebaiknya berhubungan seks? Pagi hari merupakan pilihan yang terbaik," jelas dokter Goist, seperti dikutip Parents.

Ada beberapa alasan yang membuat berhubungan seks untuk tingkatkan kehamilan sebaiknya dilakukan saat pagi.

Kata dokter Goist, saat pria tertidur di malam hari, tubuh meregenerasi sel sperma yang hilang saat beraktivitas.

Sedangkan rata-rata sel sperma memiliki umur simpan yang cukup pendek, dan sperma dengan kemampuan "berenang" terbaik dapat melemah ketika tubuh terpapar panas berlebih.

"Sperma juga bisa mencapai tanggal kedaluwarsanya lebih awal terutama jika kepanasan seperti berendam atau berolahraga," ucap dokter Goist.

Sementara itu, pagi hari merupakan waktu yang tepat karena tubuh pria baru saja meregenerasi sel spermanya, dan saat pagi, tubuh pria juga cenderung tidak terpapar panas berlebihan.

Dalam waktu ini, pria cenderung memiliki kualitas sperma terbaik untuk meningkatkan peluang pembuahan.

Baca juga: 5 Dampak Berhubungan Seks Terlalu Sering 

 

Salah satu manfaat berhubungan intim bagi wanita adalah meningkatkan imun tubuh.Unsplash / Jeremy Blanks Salah satu manfaat berhubungan intim bagi wanita adalah meningkatkan imun tubuh.

Di samping itu, menurut penelitian di Zurich, waktu terbaik melakukan hubungan seks agar cepat hamil disarankan ada pukul 07.30 pada bulan Maret, April dan Mei.

Kedengarannya memang cukup aneh, tapi di negara Barat, periode bulan itu merupakan musim semi yang suhu udaranya tidak terlalu panas.

Kemudian sperma lebih cenderung mencapai titik puncaknya yang paling sehat selama bulan-bulan musim semi.

Lebih dari itu, dalam penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Sex and Context: Hormones and Primate Sexual Metoviation, pagi hari juga disebutkan sebagai waktu yang tepat untuk berhubungan seks bagi pria.

Saat tubuh baru terbangun, kadar testosteron berada pada puncaknya, sehingga secara fisiologis, inilah waktu terbaik untuk berhubungan intim.

Parameter ini tampaknya dapat diadopsi bagi pasangan yang tinggal di negara dua musim, seperti Indonesia.

Baca juga: 5 Cara Tingkatkan Kualitas Sperma agar Istri Cepat Hamil 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com