Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2023, 07:07 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber indeed


KOMPAS.com - Dalam menghadapi persaingan ketat di dunia kerja, mahasiswa dituntut untuk memiliki kesiapan dan keterampilan yang relevan.

Berikut adalah 14 saran karier penting yang dapat membantu mahasiswa mempersiapkan diri mereka dengan baik.

Cari peluang magang

Magang bisa menjadi langkah positif untuk memperoleh pengalaman berharga di bidang yang diminati. Untuk memastikan manfaat optimal dari magang, penting untuk memilih magang yang sesuai dengan tujuan karier yang ingin dicapai.

Sebagai contoh, bagi mereka yang bercita-cita menjadi dokter hewan, bergabung di klinik atau tempat penampungan hewan bisa menjadi pilihan yang tepat. Di tempat tersebut, pengetahuan tentang perawatan dan penanganan hewan dapat diperoleh secara langsung dan mendalam.

Peluang magang ini bisa kita dapatkan dengan cara melakukan riset di internet atau situs web pencari kerja, menghadiri pameran karier atau magang, atau kamu bisa tanyakan ke dosen, teman atau keluarga.

Kembangkan keterampilan dan pengetahuan

Untuk memenuhi harapan perusahaan, manfaatkan masa kuliah untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan secara komprehensif.

Pilih mata kuliah opsional yang terkait dengan tujuan karier. Sebagai contoh, bila kamu bercita-cita menjadi seorang fotografer, mengambil kelas seni dapat membantu mengasah kreativitas.

Namun, apabila kampusmu tidak menyediakan mata kuliah terkait dengan keterampilan yang ingin kamu tingkatkan, pertimbangkan untuk mengambil kelas lain di luar kampus.

Selalu perbarui keterampilan

Saat kamu melamar pekerjaan atau magang, kamu mungkin akan bersaing dengan kandidat lain. Untuk itu, teruslah perbarui keterampilan kamu.

Hal ini akan menunjukkan kamu mengikuti perkembangan teknologi dan tren industri. Ini bisa menjadi keunggulan kamu dibanding dengan para pesaing lainnya.

Baca juga: Cara untuk Mengurangi Kecemasan Mencari Kerja

Tetap fokus

Penting untuk tetap fokus pada tujuan dan ambisi dalam karier dan gunakan pengalaman sebagai guru yang membimbing perjalanan masa depan.

Jika kamu menemui situasi yang sulit, misalnya pekerjaan yang kurang memuaskan atau bos yang rumit, cobalah alihkan perhatian pada hal-hal positif.

Sadarilah, pengalaman-pengalaman tersebut akan membentuk kamu menjadi seorang profesional yang lebih tangguh di bidang yang kamu geluti.

Tetap seimbang

Ketika memulai karier, penting untuk menemukan keseimbangan antara kehidupan kerja dan kuliah.

Sisihkan waktu untuk bersantai di luar pekerjaan atau kampus dengan menekuni hobi, menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman, berlibur, atau mengeksplorasi hal-hal baru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com