Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2023, 14:10 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Sejak pertama kali diperkenalkan 50 tahun yang lalu, adidas Originals telah memasuki kehidupan banyak orang, dari atlet hingga pesohor dan orang kebanyakan.

Hampir semua koleksi sepatu adidas Originals berawal dari olahraga, namun pada perkembangannya sepatu-sepatu ini merambah dunia skate, musik, serta fashion, ketika orang-orang menggunakannya sehari-hari.

Kini bisa dikatakan semua seri adidas Originals menjadi produk lifestyle dan fashion bergaya sporty karena memang berakar dari sepatu olahraga sungguhan pada jamannya.

Di tahun 2023, adidas Originals mengenang koleksi serta para tokoh yang melambungkan nama brand ini lewat kampanye “We Gave the World an Original. You Gave Us a Thousand Back’.

Dimulai dengan 3 film besutan tiga produser, yaitu Daniel Wolfe, Will Dohrn, dan Chadwick Tyler, yang masing-masing menggambarkan ikon dari koleksi adidas Originals, yaitu Superstar, Gazelle, serta Samba.

Baca juga: Adidas Superstar dan Kisah Kolaborasi di Dunia Sneakers

Dalam setiap film yang menyorot koleksi yang berbeda, kita dapat melihat sejarah lambang Trefoil yang lahir dari olahraga, yang kemudian dipakai dalam produk lifestyle adidas.

adidas Superstaradidas adidas Superstar
Daniel Wolfe, direktor film dan pendiri LoveSong, menghadirkan seri film Superstar, bercerita tentang sepatu basket yang menjadi bagian budaya hip hop dan kini dipakai semua orang.

Adidas Superstar diperkenalkan ke publik pada tahun 1970, dan memulai debutnya sebagai sepatu basket low-top. Bagian atasnya terbuat dari kulit dengan ujung karet berbentuk shell atau kerang yang menjadi ciri utamanya.

Pada waktu itu, Superstar disukai para atlet karena cengkeramannya di lapangan basket, fleksibel, ringan, sekaligus memberi perlindungan dibanding sepatu kanvas yang sebelumnya mereka gunakan.

Bahkan pada suatu waktu, 75% pemain bola basket profesional di AS mengenakan Superstar, menunjukkan betapa populernya sepatu ini.

adidas superstar dipakai Run DMCadidas adidas superstar dipakai Run DMC
Budaya hip hop yang lahir pada dekade berikutnya, membuat Superstar makin populer karena dipakai grup Run DMC yang sedang ngetop saat itu.

Seiring berkembangnya fesyen sepanjang tahun 90an, adidas Superstar tetap menjadi bagian gaya hidup di berbagai budaya dan menjadi salah satu sneaker paling populer hingga saat ini.

Baca juga: Adidas Superstar, Menjadi Bintang Sejak 50 Tahun Lalu

Sedangkan sepatu Gazelle pertama kali diperkenalkan sebagai sepatu trainer dan menjadi populer di berbagai kalangan, hingga dipakai oleh selebriti seperti Noel Gallagher dari Oasis, Kate Moss, dan Michael Jackson saat muda.

Diperkenalkan pada tahun 1966, Gazelle menjadi salah satu sepatu terpenting adidas, dan kini menjadi ikon budaya yang seolah tidak pernah ketinggalan jaman.

Meskipun sederhana menurut standar sneakers saat ini, desain Gazelle pernah menjadi salah satu kreasi paling revolusioner, karena merupakan salah satu alas kaki performa pertama yang terbuat dari suede.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com