Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2023, 17:22 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Menjaga pola makan tetap sehat merupakan bagian penting dari kesehatan fisik dan mental di usia lanjut.

Makanan pada lansia memang perlu diperhatikan, terlebih di usia ini biasanya seseorang memiliki penyakit yang terkait proses penuaan seperti hipertensi, diabetes, hingga jantung koroner.

Diet seimbang, konsumsi buah-buahan, sayuran, protein dan lemak sehat, dapat memberi nutrisi yang baik sekaligus menjaga agar penyakit kronis yang diderita tetap terkontrol.

Dijelaskan oleh dr.Diyah Eka Andayani Sp.GK, tekanan darah tinggi masih menjadi masalah kesehatan yang paling dominan yang dialami para lansia di Indonesia.

"Hipertensi merupakan salah satu penyakit degeneratif yang terjadi akibat asupan natrium yang berlebih."

"Sebenarnya natrium diperlukan bagi tubuh karena termasuk gizi esensial untuk mewujudkan hidup sehat dan aktif. Tapi kalau berlebih efeknya bisa memicu hipertensi, jika kekurangan efeknya gangguan fungsi otot dan saraf," paparnya dalam acara Peringatan Hari Lansia Sedunia 2023 yang diadakan oleh Ajinomoto.

Baca juga: Serba-serbi Hipertensi, Gejala hingga Pencegahannya

Lansia yang menderita diabetes, hipertensi, atau kolesterol tinggi, disarankan untuk mengurangi asupan kalori, gula yang diproses, lemak trans, serta natrium (garam).

Penelitian Elderly Meal Project yang dilakukan di Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha Unit Abiyoso dan Budi Luhur, Yogyakarta, menunjukkan, menu rendah garam dalam program pemberian makan terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada lansia.

Selain pola makan tersebut, memastikan kecukupan kebutuhan cairan juga sangat diperlukan untuk meningkatkan kesehatan kelompok lansia secara keseluruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com