Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Usia 40 Nebeng Tinggal di Rumah, Ibu Ini Tuntut ke Pengadilan

Kompas.com - 31/10/2023, 09:49 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber People

KOMPAS.com - Seorang ibu berusia 75 tahun menuntut anaknya ke pengadilan karena dua anaknya yang sudah dewasa itu nebeng tinggal di rumahnya.

Warga Pavia, Italia, itu meminta agar pengadilan mengusir kedua anak laki-lakinya yang berusia 40 dan 42 tahun dari rumahnya dan mulai hidup mandiri.

Dikabarkan surat kabar lokal, La Provincia Pavese, Jumat (27/10/2023), selama ini mereka tetap tinggal bersama sang ibu meski sudah bekerja.

Sang ibu menyebut anaknya ini parasit karena tidak mau berkontribusi finansial atau pun membantu urusan rumah tangga.

Ibu itu telah pensiun dan berpisah dari ayah anak-anak itu. Seluruh uang pensiunnya habis untuk makanan dan biaya perawatan rumah.

Menurut harian The Guardian, si ibu sebenarnya sudah berulang kali meminta anak-anaknya untuk tinggal terpisah, tetapi tak digubris.

Baca juga: 8 Bahan Obrolan dengan Ibu Mertua agar Hubungan Tambah Akrab

Beruntung tuntutan ibu itu dikabulkan hakim. Pengadilan memutuskan kedua "bayi besar" itu harus meninggalkan rumah ibunya pada 18 Desember mendatang.

“Tidak ada ketentuan dalam undang-undang yang memberikan hak tanpa syarat kepada anak dewasa untuk tetap tinggal di rumah yang secara eksklusif dimiliki oleh orang tuanya, bertentangan dengan keinginan mereka dan berdasarkan ikatan keluarga saja,” tulis Hakim Simona Caterbi.

Walau memang ada kewajiban bagi orangtua untuk merawat anak-anaknya, tetapi hakim berpendapat hal itu tidak berlaku lagi karena kedua anak tersebut sudah berusia 40 tahun.

Menurut data yang dihimpun The Guardian, sekitar 70 persen orang Italia berusia 18-34 tahun masih tinggal bersama orangtuanya.

Angka itu terus meningkat karena berbagai faktor seperti ekonomi dan sulitnya mencari pekerjaan.

Politisi di Italia pada tahun 2007 menyebut orang-orang yang nebeng hidup dengan orangtua tersebut sebagai "bamboccioni" alias bayi besar.

Baca juga: Gaya Parenting Strict ala Jennifer Bachdim Siapkan Anak Jadi Mandiri

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com