Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menata Rumah Kecil, Utamakan Furnitur Multifungsi

Kompas.com - 27/10/2023, 06:28 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Penataan ruang di rumah mungil memang menantang. Ada berbagai aspek yang harus diperhatikan agar rumah tetap nyaman, fungsional, tanpa mengorbankan estetika.

Menurut profesional desainer interior, Devina Aryanti, penting untuk memahami bahwa setiap inci ruang di rumah kecil memiliki nilai yang sangat besar.

"Kreativitas dalam mengoptimalkan penggunaan ruang sangat diperlukan," ujar Devina yang juga pendiri DVNART, perusahaan konsultan dan kontraktor makeover interior.

Ia mengatakan, salah satu aspek penting adalah pemilihan furnitur yang multifungsi untuk menghemat ruang dan juga memaksimalkan penggunaan ruang tersebut.

Sebaiknya barang yang dipilih memiliki setidaknya dua fungsi atau lebih. Sebagai contoh, pilih sofa yang bisa dibuka untuk menyimpan selimut, sandaran kursi yang bisa difungsikan untuk meja kopi, atau meja makan yang bisa dilipat.

Faktor lain yang tak kalah penting adalah perubahan fungsionalitas yang mencakup merancang ulang tata letak ruangan untuk memastikan penggunaan ruang yang lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan penghuni.

Baca juga: 10 Keuntungan Memiliki Rumah Kecil

Ilustrasi furnitur di ruang tamu. PEXELS/JONATHAN BORBA Ilustrasi furnitur di ruang tamu.

Sedikit barang

Davina mengatakan, untuk mencapai tampilan minimalis yang bersih dan minimalis, kita harus lebih selektif memilih furnitur dan barang yang ada di rumah.

"Kita perlu langkah yang disebut reduksi atau mengurangi barang yang disimpan dan minimalisme," katanya.

Unsur pencahayaan yang tepat juga perlu diperhatikan sebab berpengaruh pada efek membuat ruangan terasa lebih luas dan terbuka.

Untuk tips, Davina menyarankan penggunaan lampu sorot dan cermin besar yang dapat memantulkan cahaya.

Baca juga: 5 Tren Desain Interior yang Membutuhkan Perawatan Lebih Rutin

Walau kita tergoda untuk memilih warna cat sesuai warna favorit, tetapi warna netral seperti putih, abu-abu, atau beige, lebih cocok untuk memberi tampilan yang bersih dan minimalis.

"Namun tidak berarti harus membosankan. Pemilih rumah bisa menambahkan aksen warna atau pola pada furnitur dan aksesori untuk memberi sentuhan pribadi,"sarannya.

Untuk mendapatkan hunian yang ideal dan mempercantik rumah, kita juga bisa menggunakan jasa desainer interior saat akan membangun atau merenovasi rumah, atau ingin melakukan make over pada interior yang ada saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com