Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Kulit Kering karena Terlalu Sering Mencuci Tangan

Kompas.com - 15/11/2023, 08:05 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari segala jenis penyakit adalah dengan menjaga kebersihan dan sering mencuci tangan.

Namun semua gosokan dan paparan sabun ketika mencuci tangan bisa membuat kulit tangan menjadi kering, pecah-pecah, dan perih.

Dokter kulit, Melissa Piliang, MD, menjelaskan mengapa tangan bisa menjadi kering, apa yang terjadi saat kita mencucinya, dan apa yang dapat dilakukan untuk menjaga tangan tetap lembut dan sehat.

Baca juga: Cuci Tangan dengan Air dan Sabun Paling Efektif Bunuh Kuman

Mengapa tangan menjadi kering setelah dicuci?

Jika kamu merasa tangan iritasi setelah dicuci, kamu tidak sendirian. Tangan kering setelah mencuci adalah masalah umum yang disebabkan oleh hilangnya minyak alami dan kelembapan dari kulit selama proses mencuci.

Berikut beberapa faktor penyebab tangan kering setelah dicuci:

1. Sabun

Kebanyakan sabun dan sabun cuci tangan dirancang untuk menghilangkan kotoran, bakteri, dan minyak dari kulit yang dapat menghilangkan minyak alami kulit dan menjadikannya kering dan kurang kenyal.

Sabun atau pencuci tangan tertentu lebih keras dibandingkan yang lain seperti beberapa produk yang mengandung bahan kimia keras seperti sodium lauryl sulfate.

2. Temperatur air

Menggunakan air panas dapat menghilangkan kelembapan dari kulit dan menyebabkan kekeringan karena mencairnya lipid atau pelindung kelembapan yang terletak di lapisan terluar.

3. Mencuci berlebihan

encuci tangan secara berlebihan, apalagi tanpa pelembap, dapat menyebabkan kekeringan terutama bagi petugas kesehatan dan profesi tertentu.

4. Kondisi kulit

Jika kamu menderita psoriasis atau eksim, berhati-hatilah dengan rutinitas mencuci tangan karena sabun tertentu atau suhu yang lebih tinggi dapat memicu kambuhnya penyakit. Pertimbangkan untuk menggunakan losion yang diresepkan untuk meredakan nyeri.

Baca juga: Tips Menangani Kulit Tangan Mengelupas Karena Sering Cuci Tangan

Apakah hand sanitizer tidak terlalu keras untuk tangan?

Kamu mungkin juga kerap menggunakan hand sanitizer untuk menjaga tangan tetap bersih ketika tidak ada tempat mencuci tangan.

Meskipun hand sanitizer tidak melibatkan air panas atau sabun, cara ini bukanlah pengganti yang bebas risiko mengingat hand sanitizer juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Untuk meminimalkan potensi efek samping hand sanitizer dan melindungi kulit, ini yang harus dilakukan:

• Lembapkan tangan setelah hand sanitizer mengering.

• Batasi penggunaan hand sanitizer pada situasi ketika sabun dan air tidak tersedia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com