Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna Tiara Kate Middleton soal Kedekatannya dengan Raja Charles

Kompas.com - 24/11/2023, 08:10 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

Sumber People

KOMPAS.com - Kate Middleton mengenakan tiara Strathmore Rose saat menghadiri jamuan kenegaraan di Istana Buckingham, kemarin.

Penampilannya cukup mengejutkan publik karena status tiara itu yang tergolong langka dan istimewa.

Baca juga: Kate Middleton Pakai Tiara Langka di Jamuan Resmi Kerajaan Inggris

Momen penyambutan kunjungan Presiden Korea Selatan itu menjadi pertama kalinya Strathmore Rose kembali ditampilkan di publik, sejak terakhir kali dipakai anggota kerajaan di tahun 1930-an.

Gambaran kedekatan hubungan Kate Middleton dan Raja Charles

Jamuan resmi Kerajaan Inggris itu menjadi pertama kalinya Princess of Wales memakai tiara dengan detail bunga tersebut.

Namun ia adalah orang kedua yang pernah mengenakan tiara Strathmore Rose di depan umum pada jamuan makan malam kenegaraan, selain mendiang Queen Mother.

Nenek Raja Charles itu merupakan pemiliki asli tiara Strathmore Rose, yang mendapatkannya sebagai hadiah pernikahan.

Baca juga: Mengapa Tiara Kerajaan Tak Bisa Dipakai Semua Putri?

Oleh sebab itu, penggunaan tiara istimewa ini dianggap sebagai fashion statement yang penuh makna, khususnya soal kedekatan hubungan Kate Middleton dengan Raja Charles.

Pakar perhiasan, Lauren Kiehna dari The Court Jeweller meyakini, pemilihan mahkota tersebut disengaja.

“Kate selalu mengisyaratkan bahwa dia ingin meniru peran kerajaan Queen Mother dan memakai perhiasannya adalah simbol penting dari kesinambungan itu,” kata Kiehna.

Baca juga: Muasal Susu Kedelai, Minuman Ibu Suri

"Sangat pantas bahwa Kate - kemungkinan dengan bantuan dari Raja Charles - akan memilih untuk mengenakan tiara tersebut tepat seratus tahun setelah Ibu Suri pertama kali memilikinya," tambahnya.

Tiara tersebut sempat dianggap barang antik yang tidak lagi modis dalam beberapa dekade terakhir tapi istri Pangeran William itu berhasil menjadikannya perhiasan yang kembali menawan.

Raja Charles dikenal sangat dekat dengan neneknya, Queen Mother, jauh melebihi hubungannya dengan ibunya, Ratu Elizabeth.

Alasannya, ia lebih banyak menghabiskan masa kecil dalam pengasuhan perempuan yang wafat tahun 2002 itu ketika ibunya sibuk memimpin monarki Inggris.

Baca juga: Menu Makan Harian Raja Charles yang Bikin Tetap Sehat di Usia 75 Tahun

Bethan Holt, pakar kerajaan sekaligus penulis buku "The Queen: 70 Years of Majestic Style", mengatakan tiara itu seperti harta karun yang hilang.

"Raja begitu dekat dengan Ibu Suri dan mengetahui bahwa salah satu perhiasannya yang paling berharga sedang dikenakan oleh menantu perempuannya memberikan ikatan yang sangat emosional antar generasi,” kata Holt.

Apalagi, Kate dikenal menjadikan Queen Mother sebagai inspirasi utamanya, khususnya dalam berperilaku sebagai bangsawan.

"Memakai tiara yang melambangkan hal itu, di momen publik seperti itu, menurutku itu sangat penting. Menurutku jika ada orang yang memakai tiara itu, itu adalah Kate; dialah wanita yang memakainya dan membawanya ke depan," kata Holt.

Baca juga: Mengenal Tiara, Perhiasan yang Kerap Dipakai Bangsawan Inggris

Sally Bedell Smith yang menulis "George VI and Elizabeth: The Marriage That Saved" the Monarchy berpendapat, penggunaan tiara itu membuktikan betapa berpengaruhnya sosok Queen Mother pada Kate Middleton.

Khususnya soal hubungannya dengan Raja George VI, sebagai pasangan dan tim yang mengurus Kerajaan Inggris di masa genting, seperti dirinya dengan Pangeran William.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com