Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Cepat dan Efektif Hilangkan Bau Anjing dari Rumah

Kompas.com - 29/11/2023, 07:51 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.com - Memelihara anjing di dalam rumah membutuhkan perawatan yang ekstra. Sebab, hewan yang satu ini sering kali mengeluarkan bau-bau yang tidak sedap di tubuhnya.

Ada pun faktor yang menyebabkan anjing memiliki bau tidak sedap, misalnya, ketika hewan ini mulai bermain di luar rumah dan membawa serta masuk kotoran.

Selain itu, anjing juga memproduksi minyak dan keringat melalui folikel rambut yang dapat berkontribusi pada aroma yang kurang mengenakan.

Atau dalam beberapa kasus, anak anjing yang mengalami infeksi juga dapat mengeluarkan bau yang lebih kuat, yang menandakan ada sesuatu yang salah.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Memandikan Anjing Peliharaan? Ini Durasinya

Cara cepat dan efektif hilangkan bau anjing di rumah

Jika kita sudah mulai merasa terganggu dengan bau anjing, berikut adalah cara cepat dan efektif menghilangkannya sehingga rumah tetap wangi.

1. Mandikan anjing

Hal paling pertama yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau anjing dengan cepat adalah dengan memandikannya.

Aturan umumnya adalah semakin banyak bulu yang dimiliki anjing, maka semakin sering anjing perlu dimandikan. Anjing dengan bulu sedang hingga tebal perlu dimandikan setiap empat hingga enam minggu sekali, tetapi mungkin perlu lebih sering jika anjing kita terlihat kotor.

Ilustrasi memandikan anjingFreepik/meteleva Ilustrasi memandikan anjing

2. Cuci tempat tidur anjing

Tempat tidur anjing peliharaan kita akan mulai berbau paling cepat karena ini adalah tempat di mana si anabul menghabiskan sebagian besar waktunya.

Cuci tempat tidurnya sesering mungkin, sekitar empat hingga enam minggu sekali. Jika anjing tidur di tempat tidur kita, maka cucilah seprai dan selimut kita setiap minggu.

Furnitur dan kain pelapis juga harus sering dibersihkan karena bau cenderung meresap ke dalam kain. Gunakan pembersih jok atau ikuti petunjuk label untuk membersihkan kain tanpa merusaknya.

Baca juga: Amankah Membiarkan Anjing Tidur di Kasur?

3. Menyedot debu secara teratur

Sering-seringlah menyedot debu untuk mencegah bau tak sedap dari anjing dengan cara menghilangkan bulu dan rambut hewan peliharaan di sekitar rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com