Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2023, 11:39 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah kamu memiliki kualitas yang diperlukan untuk sukses, ataukah kamu justru memiliki ciri yang masuk dalam kategori orang yang kurang beruntung dalam hidup?

Pertanyaan-pertanyaan ini kerap memenuhi pikiran setiap individu.

Untungnya ada metode langsung untuk menjawab pertanyaan ini berdasarkan ciri yang kamu miliki. Tapi perlu digarisbawai, jika jawabannya tidak memuaskan, ingatlah bahwa kekuatan untuk mengubahnya ada di dalam dirimu sendiri.

Mari kita simak 10 ciri yang dimiliki oleh orang-orang sukses. Kamu bisa menggunakannya sebagai panduan untuk memperbaiki diri demi masa depan.

1. Tahu apa yang diinginkan

Tidak sedikit orang yang hidup hanya mengikuti arus dan sekedar menjalani dan menerima apa yang diberikan tanpa pernah benar-benar memikirkan apa yang mereka inginkan.

Coba kita analogikan sebagai navigasi. Ketika bepergian, kamu bisa saja tersesat jika hanya mengikuti jalanan. Namun jika kamu tahu dan dapat melihat ke mana tujuanmu sejak awal, kamu tahu ke mana harus belok di persimpangan.

Misalnya kamu hendak ke gunung yang berjarak 10 km. Meskipun langkahmu terkadang menjauhkanmu dari gunung itu, kamu selalu dapat kembali semakin dekat ke titik tersebut karena tahu arahnya.

Itulah yang harus dimiliki orang dalam hidup: tahu tujuan hidupnya. Dan kamu juga tentunya memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai. Maka dari itu, menentukan goals dari awal sangatlah penting untuk memandu hidupmu.

Ya, kamu mungkin akan keluar jalur. Tetapi dengan panduan tersebut kamu pasti akan kembali ke jalan yang sesuai.

Baca juga: Hilangkan Kebiasaan Buruk Ini agar Lebih Sukses

2. Gigih

Dalam mencapai dan mempertahankan kesuksesan, kegigihan adalah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi keberhasilannya.

Dengan memiliki ketahanan untuk melewati keadaan yang menantang, kamu sudah menunjukkan kemampuan untuk bertahan dalam menghadapi kesulitan. Nantinya ketika dihadapkan dengan hambatan, pendekatanmu bukan lagi sekadar menghadapinya secara langsung, namun secara strategis menemukan jalan keluar atau bahkan mengatasi hambatan tersebut.

Kegigihan akan membuat pola pikirmu diarahkan untuk menemukan solusi dan terus maju saat kamu dengan terampil menavigasi rintangan yang menghadang.

3. Bersemangat dengan apa yang dilakukan

Apakah kamu benar-benar menyukai pekerjaanmu saat ini?

Semangat yang tulus terhadap pekerjaan adalah salah satu tanda yang kuat dari orang yang bakal sukses. Ketika seseorang merasa bergairah dengan apa yang dilakukannya, ia tidak akan merasa mengerjakan tugas, melainkan hobi atau kecintaan.

Bersemangat dengan pekerjaan membuat setiap tantangan terasa lebih seperti peluang untuk tumbuh daripada hambatan. Orang yang memiliki semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari cenderung memiliki motivasi yang tinggi dan daya tahan terhadap rintangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com