Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2023, 22:32 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak orang ingin memiliki hidup yang lebih lama dan lebih baik. Namun, tidak ada cara instan untuk mewujudkannya.

Sehingga, sangat penting untuk tetap melakukan perubahan gaya hidup yang mendukung kita dalam mencapai tujuan tersebut.

Faktanya, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan di Nature Food, ada satu perubahan gaya hidup sehat yang secara khusus dapat memperpanjang usia kita hingga 10 tahun.

Baca juga: Ubah Pola Makan demi Umur Panjang, Riset Membuktikan

Lantas, perubahan seperti apa yang bisa dilakukan agar kita tetap sehat dan berumur panjang?

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasan selengkapnya seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

Menerapkan pola makan sehat

Pola makan yang sehat adalah landasan dari gaya hidup sehat secara menyeluruh.

Menurut survei yang dilakukan Cleveland Clinic, penghalang nomor satu yang membuat orang tidak mau mengonsumsi makanan yang lebih sehat adalah karena mereka menganggap makanan sehat lebih mahal.

Selain itu, sebanyak 23 persen orang mengungkapkan bahwa mereka tidak memiliki waktu untuk memasak makanan sehat, dan 20 persen bahkan tidak tahu cara menyiapkan makanan sehat buatan sendiri.

Baca juga: 5 Keuntungan Diet Vegan, Tubuh Langsing hingga Umur Panjang

Sayangnya, dengan memilih makanan yang tidak sehat, seperti makanan cepat saji, makanan tinggi gula, dan makanan olahan, itu dapat berpengaruh buruk pada kesehatan maupun harapan hidup kita.

Studi terbaru yang menggunakan data dari UK Biobank pun mengungkapkan, beralih ke pola makan yang lebih sehat ternyata dapat memperpanjang umur, hingga 10,4 tahun, dan 10,8 tahun lebih lama, untuk wanita dan pria berusia 40 tahun.

Ada pun, diet yang berhubungan dengan umur panjang dalam penelitian ini mencakup asupan buah, biji-bijian, daging putih dan ikan dalam jumlah sedang, sayuran, kacang-kacangan, serta produk susu.

Ini juga berarti mengurangi minuman maupun makanan manis, serta konsumsi daging olahan dan daging merah.

Baca juga: Diungkap, Sifat Kepribadian Utama yang Terkait Umur Panjang

Peneliti juga menemukan, keuntungan terbesar terjadi ketika lebih banyak buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian, serta lebih sedikit daging olahan dan minuman manis yang dikonsumsi.

Jadi, apabila kita ingin menambah 10 tahun usia hidup kita, maka pertimbangkan untuk mengevaluasi kembali pola makan dan pastikan kita mengonsumsi banyak buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com