Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Waktu yang Tepat untuk Menjawab Pesan

Kompas.com - 12/12/2023, 21:30 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika ada orang yang melakukan panggilan atau mengirimkan pesan kepada kita, mereka tentu ingin segera mendapatkan respons atau tanggapan.

Sebab, waktu yang diperlukan untuk merespons dapat memiliki makna yang tak terduga bagi penerima, terlebih jika menyangkut hal-hal yang sangat penting baik dalam pekerjaan maupun kehidupan pribadi.

Dalam lingkungan pekerjaan seperti bisnis, misalnya, proses komunikasi yang terlalu lama bisa membuat kita terlihat kurang responsif, sehingga bisa menghambat hubungan kita dengan klien.

Atau jika ini terjadi pada kehidupan asmara, kita mungkin dianggap tidak serius dan membuat pasangan berpikir ulang untuk melanjutkan hubungan yang lebih lanjut.

Nah, terlepas dari apa pun alasan kita menunda untuk menjawab pesan sesegera mungkin, berikut ini adalah panduan dasar yang membantu kita agar dapat berkomunikasi dengan lebih efektif.

Baca juga: 5 Kebiasaan Orang Sukses yang Bisa Ditiru

Waktu respons pada platform yang berbeda

Pertama, mari kita bicara tentang platform. Kebanyakan orang berkomunikasi melalui telepon, email, atau pesan singkat (text).

1. Waktu respons telepon

Penelitian mengatakan, panggilan telepon di mana seseorang meninggalkan pesan memberi kita waktu respons yang paling lama.

Teman-teman yang memahami bahwa kita memiliki kesibukan mungkin tidak masalah dengan menunggu beberapa hari atau bahkan seminggu. Namun, jika ini adalah panggilan yang berhubungan dengan bisnis, maka kita harus membalas dalam waktu kurang dari 24 jam.

2. Waktu respons email

Untuk email pribadi, orang-orang menghargai waktu respons yang cepat selama jam kerja normal, tetapi jika kita membalas mereka dalam waktu 48 jam, mereka biasanya cukup senang dengan hal itu.

Untuk email bisnis, orang biasanya mengharapkan tanggapan dalam beberapa jam, tetapi tanggapan dalam 24 jam masih bisa diterima.

3. Waktu respons pesan singkat

Berdasarkan sebuah studi tahun 2013, 64 persen responden yang diteliti mengatakan bahwa dari mereka mendapatkan respons instan, yang didefinisikan sebagai kurang dari 2 menit.

Jadi, dalam hal merespons pesan singkat (text), orang-orang biasanya berekspektasi mendapatkan balasan dalam waktu yang cepat.

Baca juga: 10 Ciri Orang Sukses, Apakah Kamu Memilikinya?

Sifat hubungan

Faktor lain yang berpengaruh dalam waktu merespons adalah sifat hubungan. Sekali lagi, akan ada perbedaan antara hubungan pribadi dan bisnis.

1. Pacar atau PDKT

Beberapa orang memiliki aturan tentang cara membuat pacar atau seseorang yang didekatinya semakin jatuh cinta melalui pesan singkat.

Beberapa pria mengatakan bahwa setiap kali dia mendapatkan pesan, dia menunggu 1,5 kali lebih lama untuk membalas pesan tersebut. Lalu, ada juga yang menunggu dua kali lebih lama untuk membuat kekasihnya penasaran.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com