Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Minuman Kolagen yang Mudah Diserap Tubuh

Kompas.com - 20/12/2023, 06:18 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Kolagen merupakan kunci dari kulit yang tampak kenyal dan sehat. Namun, seiring usia produksinya akan berkurang sehingga tanda penuaan kulit pun muncul.

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, kolagen sebenarnya juga dibutuhkan untuk melindungi organ, membantu pembekuan darah, serta pertumbuhan sel kulit baru.

Untuk meningkatkan produksi kolagen, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satu yang populer adalah konsumsi minuman berkolagen. Namun, jangan sembarangan pilih.

Menurut Dermatologist, dr. Arini Widodo, SM, SpDVE, ukuran molekul kolagen sangat menentukan efektivitas kinerja kolagen terhadap tubuh.

"Kolagen tripeptida yang mempunyai ukuran molekul 300-500 Dalton akan lebih cepat diserap oleh pencernaan, yang kemudian dibawa pembuluh darah untuk disebarkan ke organ tubuh seperti kulit,” papar dokter lulusan Harvard Medical School ini.

Ia mengatakan, tidak ada jumlah spesifik mengenai konsumsi kolagen harian sebab kondisi tiap individu berbeda.

Baca juga: Kolagen dalam Bentuk Minuman Disebut Lebih Ampuh daripada Krim dan Serum, Benarkah?

"Kolagen itu kan sebenarnya enggak cuma di kulit, tapi ada di seluruh tubuh. Kolagen ada banyak tipe, jadi pasti berbeda-beda," jelasnya dalam acara talkshow yang digelar oelh Flimbeauty di Jakarta beberapa waktu lalu.

Talkshow Enriching Skincare Routine For A Healthier Skin With FlimBeauty di JXB Jakarta (17/12/2023).Flimbeauty Talkshow Enriching Skincare Routine For A Healthier Skin With FlimBeauty di JXB Jakarta (17/12/2023).

Minuman berkolagen juga idealnya dikonsumsi saat perut kosong untuk meningkatkan penyerapan.

Karena berbentuk cairan, menurut dr.Arini, biasanya kolagennya lebih mudah diserap tubuh.

Rendah kalori

Pendiri nerk minuman berkolagen, Flimcol, Dennis Hadi, menceritakan proses development produknya tidak mudah.

Baca juga: 7 Makanan Sehat yang Secara Alami Dapat Meningkatkan Kolagen

Apalagi ia dan timnya memang membuat serbuk kolagen dengan ukuran molekul yang sangat kecil, yaitu 300 dalton. Sementara kolagen konvensional memiliki molekul 2000- 5000 dalton.

"Kami pilih marine collagen tripeptide dari Korea sebagai bahan utama, karena kalau tripeptide itu sudah pasti molekulnya lebih kecil daripada single peptide. Jadi bisa lebih cepat diserap oleh tubuh dan lebih efektif pula nanti efeknya ke kulit,” ujar Dennis.

Setiap sachet Flimcol mengandung 5.000 mg kolagen tripeptide. Kelebihan lain adalah kandungan gula yang rendah karena menggunakan pemanis alami stevia sebesar 2 gram untuk setiap kemasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com