Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resolusi Tahun Baru Sebaiknya Dibuat Spesifik, Mengapa?

Kompas.com - 02/01/2024, 10:07 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Resolusi tahun baru merupakan bentuk putusan kepada diri sendiri soal apa yang akan dicapai pada tahun baru, baik dari sisi kesehatan, pekerjaan, maupun hubungan asmara. 

Jika ingin membuat resolusi tahun 2024, sebaiknya buatlah yang spesifik, terukur, jelas, dan realistis agar mudah dicapai. 

Baca juga: 7 Ide Resolusi Tahun Baru 2024 buat Keluarga 

"Buatlah resolusi yang spesifik, terukur dan jelas. Misalnya resolusi hidup lebih sehat atau turun berat badan dengan mulai 2 Januari berolahraga lari pagi setiap hari Senin, Rabu dan Jumat," jelas psikolog klinis anak dan remaja dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, dikutip dari Antara, Selasa (2/1/2024).

Resolusi tersebut bisa disusun menjadi target-target kecil untuk menuju target besarnya. Contohnya, untuk resolusi menambah wawasan, seseorang bisa membaca buku dua halaman per hari. 

Tidak hanya itu, Vera menuturkan bahwa resolusi tidak hanya berhubungan dengan diri sendiri, namun juga memengaruhi kehidupan keluarga atau orang-orang dekat.

Baca juga: 12 Ide Resolusi Tahun Baru 2024 Berdasarkan Zodiak

Ilustrasi resolusi 2024. Berikut cara membuat resolusi 2024 untuk diri sendiri.Shutterstock/Okrasiuk Ilustrasi resolusi 2024. Berikut cara membuat resolusi 2024 untuk diri sendiri.

"Jadi, membuat resolusi juga dapat dihasilkan dari diskus dengan pasangan atau keluarga. Mereka juga dapat menjadi pengingat atau pendukung untuk tercapainya resolusi," ucapnya. 

Kendati demikian, Vera berpendapat bahwa resolusi tahun baru bukanlah sebuah keharusan, tapi kebutuhan. Sifatnya pun subyektif. 

Baca juga: 4 Tren Busana 2024, Siluet Oversized Masih Diminati

Sementara itu, psikolog klinis dewasa lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Nirmala Ika, M.Psi menyampaikan, masyarakat dianjurkan merancang resolusi sesuai kondisi masing-masing.

"Buatlah resolusi yang sesuai juga dengan kondisi kita dan pastikan itu memang sedang menjadi prioritas hidup kita saat ini," tuturnya.

Ia memberi contoh, misalnya seseorang ingin menurunkan berat badan sebagai resolusi, pikirkanlah terlebih dahulu seberapa prioritas resolusi tersebut dibanding dengan resolusi lainnya.

Baca juga: 7 Contoh Resolusi Tahun 2024 untuk Tetap Bugar, Mudah Dilakukan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com