Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Asam Ferulat dalam Skincare, dan Apa Manfaatnya untuk Kulit?

Kompas.com - 08/06/2024, 08:18 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Mungkin kamu pernah menggunakan produk perawatan, entah itu serum, bedak, dan pelembap yang mengandung asam ferulat (ferulic acid), dan diklaim dapat membuat kulit lebih cerah, bersih, dan bebas kerut.

Namun pernahkah kamu bertanya-tanya, apa itu asam ferulat? Apakah manfaatnya? Apakah layak dipakai sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit?

Apa itu asam ferulat?

Asam ferulat merupakan antioksidan yang ditemukan di berbagai tanaman, buah-buahan, sayuran dan beberapa biji-bijian. Antioksidan dalam makanan yang kita makan dapat membantu menjaga kita tetap sehat. Dan antioksidan dalam produk perawatan kulit dapat membantu menjaga kulit dalam kondisi prima.

“Antioksidan bekerja dengan melawan radikal bebas, yaitu molekul tidak stabil yang dihasilkan oleh hal-hal seperti sinar UV dan polusi,” jelas dokter kulit Taryn Murray, MD.

“Ketika radikal bebas memasuki tubuh kita, mereka memulai serangkaian kerusakan sel yang mengakibatkan peradangan, penuaan sel, dan kematian sel.”

Antioksidan bekerja untuk membantu menghentikan proses ini. Bahan-bahan tersebut dapat menghentikan reaksi berantai sehingga tidak terjadi kerusakan lebih lanjut.

Jika kamu menghabiskan waktu untuk merawat kulit, kamu mungkin pernah mendengar tentang antioksidan lain yang digunakan dalam industri kecantikan, seperti vitamin C, vitamin E, vitamin A, niacinamide, resveratrol, dan banyak lagi.

Baca juga: Memahami Pentingnya Antioksidan Untuk Tubuh

Jadi, apa yang membuat asam ferulat berbeda?

Tidak seperti antioksidan perawatan kulit pada umumnya, asam ferulat biasanya tidak dijual sebagai serum yang berdiri sendiri. Bahan ini sering dikombinasikan dengan antioksidan lain, misalnya dengan Vitamin C atau Vitamin E.

Alasannya, asam ferulat membantu meningkatkan efek antioksidan lainnya. Ini adalah sejenis bahan penambah kekuatan yang membuat antioksidan lain bekerja lebih baik.

“Asam ferulat memiliki efek sinergis dengan antioksidan lainnya. Jadi, produsen sering menggabungkannya dengan antioksidan lain untuk meningkatkan efeknya,” jelas Dr. Murray.

Manfaat asam ferulat

Asam ferulat seumpama bumbu dalam makanan yang menambahkan keunggulan ekstra untuk membuat antioksidan yang dipadukan dengannya lebih efektif daripada jika bekerja sendiri.

Produk perawatan kulit yang menggabungkan asam ferulic dengan antioksidan lain dapat membantu:

  • Mengurangi peradangan.
  • Memudarkan bintik matahari.
  • Mengurangi kemerahan.
  • Mencegah kerutan.
  • Mengurangi hiperpigmentasi.
  • Batasi kerusakan akibat sinar matahari.

Dr Murray menambahkan bahwa asam ferulat mungkin sangat efektif dalam mencegah, bukan menyembuhkan kerusakan kulit. 

“Ada beberapa bukti bahwa vitamin C dan beberapa antioksidan lainnya dapat memperbaiki tanda penuaan dini seperti garis halus dan hiperpigmentasi. Namun asam ferulat tampaknya bekerja lebih baik sebagai tindakan pencegahan, dibandingkan memperbaiki kerusakan yang telah terjadi,” katanya.

Oleh karena itu, asam ferulat sangat bermanfaat bagi orang berusia 20-an atau lebih. Bahan ini juga masih berguna seiring bertambahnya usia, karena membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada kulit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com