Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaya Antioksidan hingga Serat, Buah Delima Tawarkan Banyak Manfaat

Kompas.com - 03/10/2023, 18:44 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika membahas buah-buahan kaya nutrisi, tentu ada banyak jenis buah yang terlintas di kepala kita, mulai dari pepaya dengan enzim yang membantu melancarkan pencernaan hingga pisang yang sering dijadikan sumber energi instan karena karbohidrat kompleksnya.

Namun ada satu yang kerap terlewatkan, padahal mengandung banyak nutrisi yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan: buah delima!

Delima atau pomegranate --diambil dari nama ‘pomum granatum’ dalam bahasa Latin yang artinya buah biji-bijian-- buah bulat berkulit merah, tebal dan keras ini berasal dari Afrika, diperkirakan dibawa dari negara-negara di sepanjang Jazirah Arab, dan menjadi simbol keajaiban alam.

Ciri khas dari buah delima adalah banyaknya biji di dalamnya yang disebut sebagai aril, yang terbungkus daging buah dengan rasa manis dan segar.

Baca juga: Mengapa Buah Delima Bisa Bantu Panjang Umur

Sebagai informasi, biji dari buah delima ini juga bisa dimakan dan bahkan bisa menjadi konsumsi utama dari buah delima loh! Jadi kalian tidak perlu khawatir ataupun repot-repot menyingkirkan biji dari buah delima.

Pohon buah delima memang tampak sederhana dengan ukuran yang cenderung rendah dan mirip semak. Tapi daun hijau dan bunga merah cerahnya menjadi pemandangan menakjubkan di antara daun rimbun.

Buah delima juga menawarkan pengalaman unik dengan rasa yang bervariasi, dari manis hingga asam. Daging dari buah ini dilapisi oleh cairan, memberikan tekstur kenyal dan sensasi berair. Umumnya musim buah delima terjadi dari bulan September hingga Januari.

Nutrisi apa saja sih yang terkandung dalam buah delima?

Salah satu faktor yang membuat buah delima diminati ialah karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya terutama serat, antioksidan, vitamin B, dan beberapa mineral tertentu.

Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), dalam satu cangkir buah delima terdapat:

· Kalori: 145

· Total lemak: 2.05 gram

· Protein: 2.92 gram

· Total karbohidrat: 32.7 gram

· Serat: 7 gram

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com