Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polusi Udara Tinggi, Pilih Skincare dengan 2 Kandungan Ini

Kompas.com - 05/06/2024, 08:34 WIB
Devi Pattricia,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan, cuaca panas ekstrem menyerang beberapa wilayah di Indonesia.

Di Jakarta, misalnya, cuaca panas melanda sekaligus bersa.a polusi udara yang ekstrem.

Oleh karenanya di tengah kondisi udara dengan polusi yang semakin tebal, penggunaan skincare semakin penting dan sangat dibutuhkan oleh kulit.

Di tengah kondisi udara dengan polusi yang semakin tebal, penggunaan skincare semakin penting dan sangat dibutuhkan oleh kulit.

Lalu, bahan skincare seperti apa yang dinilai baik untuk menghalau paparan polusi?

Baca juga: Kenali Jenis Antioksidan dan Sumbernya untuk Lawan Radikal Bebas

  • Antioksidan

Kamu pasti sudah familiar dengan kandungan antioksidan. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, dermatolog Claudia Christin menjelaskan, kandungan antioksidan juga sangat baik untuk kesehatan kulit.

Tak cuma bisa dipakai oleh kelompok usia lanjut untuk melawan penuaan, kandungan antioksidan juga bisa memproteksi kulit di tengah kondisi polusi udara yang tinggi.

"Kandungan yang bagus untuk menangkal dampak buruk polusi ini adalah kandungan yang kaya akan antioksidan,” kata Claudia Christin dalam Media Gathering Avoskin #GlowingMilikSemua dan #MulaiDariMejaRias di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (4/6/2024). 

Ia menambahkan, salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi yaitu delima. Kini berbagai macam merek skincare pun telah menggunakan ekstrak buah delima untuk menutrisi kulit. 

“Sebenernya banyak banget ekstrak-ekstrak tumbuhan, tanaman seperti pomegranate itu tuh kayak banget dengan antioksidan,” sambungnya. 

Baca juga: Merawat Wajah dengan Serum Vitamin C, Apa Manfaatnya?

  • Vitamin C

Vitamin C bukan hanya dimiliki oleh buah maupun sayuran saja, melainkan erat dengan anggapan sebagai kandungan skincare yang dipercaya dapat mencerahkan kulit.

Claudia menyarankan untuk menggunakan serum vitamin C pada pagi hari. Ketika dilapisi oleh sunscreen, maka proteksi kulit untuk terjaga dari polusi dan cuaca yang ekstrim semakin maksimal.

"Selain itu kandungan kaya vitamin C ini juga antioksidan yang sangat luar biasa. Aku sering banget anjurin teman-teman untuk pakai di pagi hari,” ujar Claudia Christin.

Baca juga: 9 Tips Skincare yang Penting untuk Melindungi Kulit dari Polusi

Apabila kulit tidak memiliki proteksi yang baik, maka akan menjadi cepat kusam serta mudah muncul keriput pada wajah. Selain itu, ia menyatakan bahwa vitamin C dapat membantu kinerja sunscreen untuk dapat melawan polusi serta dampak buruk radikal bebas. 

“Karena dia membantu menopang kerja sunscreen kita supaya dia nggak terlalu keras kerjanya. Dia membantu melindungi kulit kita dari dampak buruk radikal bebas,” pungkasnya.

Baca juga: Membersihkan Wajah dengan Cleansing Balm Lebih Efektif?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com