Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polusi Udara Dapat Menyebabkan Penuaan Dini? Ini Kata Dokter

Kompas.com - 22/02/2024, 09:09 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Polusi udara memiliki banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya kesehatan kulit.

Menurut temuan para ahli dermatologi dalam British Journal of Dermatology, paparan polusi di kota-kota besar dapat mempercepat kerusakan sistem pertahanan kulit atau skin barrier.

Sementara itu, dalam Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology, para ahli memaparkan bahwa suhu dan kelembapan udara yang terus berubah secara ekstrem juga bisa memperburuk infeksi serta peradangan kulit seperti eksim.

"(Polusi udara) kan faktor ekstrinsik yang menyebabkan proses terjadinya penuaan kulit," kata dokter spesialis kulit dan kelamin, Dr M. Akbar Wedyadhana, SpKK, FINSDV, FAADV kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Hal itu, lanjut Dr Dhana, bisa mengakibatkan kulit lebih cepat menua, bahkan mengalahkan faktor dari bertambahnya usia kita secara alami.

"Jadi sebenarnya usia masih relatif muda tapi sudah muncul tanda-tanda penuaan pada kulitnya, atau yang disebut sebagai penuaan dini," ujarnya.

Baca juga: 9 Tips Skincare yang Penting untuk Melindungi Kulit dari Polusi

Bagaimana polusi udara mempercepat penuaan kulit

Ketika kita terpapar polusi udara secara terus-menerus, ini akan merusak skin barrier dari lapisan kulit yang terdalam.

Dokter Dhana mengungkapkan, skin barrier umumnya terdiri dari air dan pelembap alami yang jika jumlahnya normal berarti memiliki kondisi yang baik atau tidak bermasalah.

"Namun, skin barrier akhirnya bisa terganggu, terutama karena faktor lingkungan yang membuat pelembap alami kulit bekurang jumlahnya sehingga tidak bisa menahan air, dan kulit menjadi keriput," jelas dia.

Akibat dari skin barrier yang terganggu, semua mikroorganisme menurut Dr Dhana juga bisa menempel ke kulit, seperti bakteri, virus hingga jamur, yang dapat memicu penuaan dini.

Maka, untuk mencegah penuaan dini pada kulit, ia pun menganjurkan penggunaan skincare yang teratur sejak dini.

"Kalau sekarang kita melihat kesadaran masyarakat ya, dari sejak remaja sudah mulai merawat kulit, itu menurut saya sudah sangat baik," terangnya.

"Cuma pemilihan produknya harus yang pas. Tentunya harus bagus juga, jangan sampai membuat fungsi kulit menurun akhirnya malah jadi bermasalah," imbuh dia.

Baca juga: Rutin Cuci Muka Bantu Cegah Dampak Negatif Polusi Udara

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com