Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penuaan Dini Bisa Terjadi di Usia Berapa? Ini Kata Dokter

Kompas.com - 21/02/2024, 15:08 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penuaan dini adalah proses penuaan yang terjadi sebelum waktunya dan menunjukkan tanda-tanda.

Adapun ciri-ciri penuaan dini antara lain munculnya flek-flek hitam, keriput, garis-garis halus hingga kulit yang tampak kusam dan kasar.

Lantas, pada usia berapa penuaan dini ini bisa terjadi? Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut simak penjelasan berikut ini.

Baca juga:

Pada usia berapa penuaan dini terjadi?

Banyak orang mungkin menganggap bahwa penuaan dini hanya dapat terjadi ketika usia kita sudah memasuki 30-an atau 40-an tahun.

Namun hal itu ternyata tidak tepat. Sebab, gejala penuaan dini pada kulit kita ternyata dapat muncul di usia yang lebih muda.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Dr M. Akbar Wedyadhana, SpKK, FINSDV, FAADV mengatakan, penuaan dini sudah bisa terjadi sejak di masa remaja.

"Misalnya dulu waktu saya SMA, saya lulus SMA umur 18 tahun, itu sudah banyak spruten (flek hitam di wajah) karena sering terpapar sinar matahari hari terus di luar ruangan," katanya kepada Kompas.com di acara peluncuran rangkaian skincare Xtracare di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Baca juga:

Maka, menurut dokter yang akrab disapa Dhana itu, kesadaran orang-orang untuk mulai merawat kulit sejak remaja itu sangat penting dalam mencegah penuaan dini.

"Cuma tinggal bagaimana pemilihan produknya yang harus pas, tentunya harus baik juga. Jangan sampai membuat kesehatan kulit menurun malah jadi bermasalah," imbuh dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com