Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Tanda Kulit Alami Penuaan Dini dan yang Normal

Kompas.com - 02/11/2023, 07:06 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber Huffpost

KOMPAS.com - Budaya modern membuat kita terobsesi dengan tampilan awet muda. Berbagai cara dilakukan untuk mencegah dan memperlambat datangnya tanda-tanda penuaan.

Mulai dari pemakaian skincare untuk membuat kulit lebih kenyal, suntikan untuk menghilangkan kerutan, atau yang paling murah menggunakan filter di kamera ponsel agar kita terlihat lebih muda di media sosial.

Penuaan pada dasarnya adalah proses yang alamiah. Namun memang ada kondisi tertentu yang membuatnya datang lebih cepat dari seharusnya.

Dijelaskan oleh dokter dermatologi Deanne Mraz Robinson, penting untuk memahami variabel apa saja yang mempercepat penuaan kulit.

"Ada banyak faktor yang memengaruhi bagaimana kulit menua. Genetik memang berperan, tapi gaya hidup sangat berpengaruh," katanya.

Faktor umum yang menentukan mengapa ada orang yang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya antara lain paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, polusi udara, pola makan tidak sehat, kurang nutrisi, hingga stres.

Baca juga: Saat Dian Sastro Keluhkan Penuaan Kulit Wajah ke Suami...

Penuaan kulit di tahapan usia

Usia 20-an

IlustrasiShutterstock Ilustrasi
Di usia 20-an, kulit mulai mengalami penurunan produksi asam hialuronat (HA), kolagen, dan elastin. Efeknya kulit menjadi dehidrasi dan barrier kulit lemah.

"Akibatnya paparan sinar matahari yang terjadi sejak awal masa remaja mulai terlihat di usia ini. Di usia 20-an tidak normal jika seseorang mulai tampak ada garis kerutan, kulit kering, atau kulitnya menjadi kendur," kata Dr.Nicole Ruth, dermatologi.

Untuk mencegah penuaan dini, kita bisa mulai menggunakan skincare mengandung retinoid serta antioksidan seperti vitamin C.

Baca juga: Minum Kolagen Bisa Bikin Kulit Cerah? Ini Faktanya!

Usia 30-an
Normalnya tanda penuaan mulai muncul di atas 30 tahun. Dalam hal kulit, yang paling terlihat adalah masalah pigmentasi, garis halus, dan jerawat dewasa.

Volume dan kekenyalan kulit juga mulai berkurang di usia ini, yang ditandai dengan kantung mata dan pipi mulai tampak cekung.

"Sebagai dermatologist, saya merekomendasikan produk anti-aging di usia ini," kata Dr.Justin Park.

Usia 40-an
Saat usia mulai menginjak kepala empat, perubahan kulit semakin jelas terlihat.

"Kulit mulai menunjukkan dampak dari penurunan kolagen dan elastin yang membuat kerutan makin dalam dan perubahan tekstur kulit," kata Ruth.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com