Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Cara Mudah yang Bisa Kita Lakukan untuk Memperlambat Penuaan

Kompas.com - 15/02/2024, 08:36 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Sudah sejak lama orang mencari cara untuk bisa awet muda dan panjang umur, sampai-sampai mereka mencari mata air yang dipercaya bisa membuat orang tetap muda.

Tentu mata air tersebut tidak ditemukan, namun penelitian menemukan hal lain yang bisa kita lakukan untuk memperlambat proses penuaan.

Mulai dari melakukan perubahan sederhana pada pola makan hingga menghentikan kebiasaan buruk, langkah-langkah berikut telah terbukti secara ilmiah dapat membantu kita terlihat dan merasa awet muda.

Baca juga: Simak, Kebiasaan Hidup Sehat yang Bisa Memperlambat Penuaan 

Cara memperlambat penuaan

Nah, daripada mencari mata air ajaib agar tetap muda, cobalah melakukan hal-hal ini ini ke dalam rutinitasmu untuk memperlambat proses penuaan.

1. Ubah pola makan 

Ilustrasi waktu terbaik makan buahPharmeasy Ilustrasi waktu terbaik makan buah
Jika kamu banyak mengonsumsi makanan olahan dan gula, tubuhmu mungkin akan lebih cepat menua.

Penelitian tidak hanya menemukan bahwa nutrisi yang tepat membantu menjaga otak berfungsi lebih baik lebih lama, namun diet khusus yang berfokus pada makanan utuh dan segar, seperti Diet Mediterania, terbukti memperlambat penuaan.

2. Olahraga rutin

Ilustrasi olahraga. 

Dok. SHUTTERSTOCK Ilustrasi olahraga.
Ada banyak penelitian yang mendukung olahraga sebagai salah satu metode terbaik untuk memperlambat proses penuaan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Aging Cell menemukan bahwa orang yang berolahraga sepanjang hidupnya memiliki massa otot, kadar kolesterol, dan bahkan fungsi sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih muda.

3. Habiskan waktu di luar ruangan

Ilustrasi membaca buku.SHUTTERSTOCK Ilustrasi membaca buku.
Vitamin D, yang dapat kita serap dari sinar matahari, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita dengan kadar vitamin D lebih tinggi juga memiliki telomer yang lebih panjang, bagian akhir sel DNA yang menentukan umur sel.

Baca juga: Diet Terbaik untuk Dukung Penuaan yang Sehat Menurut Ahli

4. Pakai tabir surya

Ilustrasi pemakaian tabir surya di siang hari.Dok. Shutterstock Ilustrasi pemakaian tabir surya di siang hari.
Meskipun vitamin D dapat membantu kita hidup lebih lama, kerusakan akibat sinar matahari berlebihan dapat memperpendek umur dan menyebabkan kanker. 

American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan untuk menutupi kulit dengan pakaian, memakai tabir surya berspektrum luas SPF 30 atau lebih tinggi, dan mencari tempat berteduh untuk menghindari penuaan dini, terutama di area kulit.

5. Minum lebih banyak air

Alasan mengapa perlu minum air putih terlebih dahulu sebelum minum kopi di pagi hari.Shutterstock/Krakenimages.com Alasan mengapa perlu minum air putih terlebih dahulu sebelum minum kopi di pagi hari.
Hidrasi adalah salah satu cara utama untuk memperlambat penuaan. Mayo Clinic menjelaskan bahwa air membantu membuang kotoran melalui buang air kecil, keringat, dan buang air besar, menjaga suhu tubuh tetap normal, melumasi dan melindungi sendi, serta membantu melindungi jaringan sensitif.

Baca juga: 6 Kebiasaan Minum yang Bisa Menyebabkan Penuaan Dini

6. Berhenti merokok

Ilustrasi berhenti merokok Nopphon Pattanasri Ilustrasi berhenti merokok
Merokok tidak hanya menyebabkan kanker, tetapi menurut ilmu pengetahuan, perokok akan menua lebih cepat. Sebuah penelitian menemukan bahwa merokok dapat mempengaruhi parameter biofisik kulit, terutama ketebalan dan kepadatan dermis, epidermis, dan lipatan nasolabial.

7. Meningkatkan kebersihan gigi

Mual saat menggosok gigiCentralITAlliance Mual saat menggosok gigi
Memprioritaskan kebersihan gigi tidak hanya akan membuat gigi terlihat lebih baik, tetapi juga membantu mencegah masalah yang berkaitan dengan usia seperti penyakit kardiovaskular, stroke, dan diabetes. 

Penelitian terbaru juga mengaitkan penyakit gusi dengan risiko demensia dan Alzheimer yang lebih tinggi, jadi pastikan kamu menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benar, dan berkumur dengan obat kumur setiap hari.

8. Jaga kesehatan pencernaan

Beberapa jenis minuman dikenal sebagai minuman untuk mengecilkan perut, seperti teh hijau, yogurt, dan bahkan air putih.SHUTTERSTOCK Beberapa jenis minuman dikenal sebagai minuman untuk mengecilkan perut, seperti teh hijau, yogurt, dan bahkan air putih.
Meningkatkan jumlah bakteri "baik" di usus, alias mikrobioma usus, dapat membantu melindungi kita dari penyakit yang berkaitan dengan usia seperti demensia, menurut penelitian.

Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com