Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Cara Mudah yang Bisa Kita Lakukan untuk Memperlambat Penuaan

KOMPAS.com - Sudah sejak lama orang mencari cara untuk bisa awet muda dan panjang umur, sampai-sampai mereka mencari mata air yang dipercaya bisa membuat orang tetap muda.

Tentu mata air tersebut tidak ditemukan, namun penelitian menemukan hal lain yang bisa kita lakukan untuk memperlambat proses penuaan.

Mulai dari melakukan perubahan sederhana pada pola makan hingga menghentikan kebiasaan buruk, langkah-langkah berikut telah terbukti secara ilmiah dapat membantu kita terlihat dan merasa awet muda.

Cara memperlambat penuaan

Nah, daripada mencari mata air ajaib agar tetap muda, cobalah melakukan hal-hal ini ini ke dalam rutinitasmu untuk memperlambat proses penuaan.

Penelitian tidak hanya menemukan bahwa nutrisi yang tepat membantu menjaga otak berfungsi lebih baik lebih lama, namun diet khusus yang berfokus pada makanan utuh dan segar, seperti Diet Mediterania, terbukti memperlambat penuaan.

American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan untuk menutupi kulit dengan pakaian, memakai tabir surya berspektrum luas SPF 30 atau lebih tinggi, dan mencari tempat berteduh untuk menghindari penuaan dini, terutama di area kulit.

Penelitian terbaru juga mengaitkan penyakit gusi dengan risiko demensia dan Alzheimer yang lebih tinggi, jadi pastikan kamu menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benar, dan berkumur dengan obat kumur setiap hari.

Menyeimbangkan mikrobioma melalui makanan, vitamin, dan nutrisi tertentu dapat menjadi cara yang mudah dan sederhana untuk memperlambat proses penuaan.

Stres juga dikaitkan dengan peradangan, jadi ada baiknya kamu menemukan cara yang tepat untuk mengurangi ketegangan dalam hidupmu. 

Jika harimu penuh stres, luangkan waktu untuk beristirahat: berjalan-jalan di luar, mencoba latihan pernapasan, menelepon teman, atau menonton video lucu untuk menurunkan tingkat stres.

10. Tidur cukup dan berkualitas

Menurut Sleep Foundation, kurang tidur membuat kulit lebih cepat menua, membuat gamoang stres, kelelahan, dan rasa lapar yang selalu muncul.

Jika kamu ingin terlihat dan merasa bersemangat, awet muda, dan bersinar seiring bertambahnya usia, membatasi jumlah alkohol yang kamu minum bisa memberikan perbedaan besar.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/02/15/083641020/11-cara-mudah-yang-bisa-kita-lakukan-untuk-memperlambat-penuaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke