Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Basic Skincare yang Penting untuk Dipakai Remaja

Kompas.com - 21/02/2024, 14:39 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memakai skincare sejak remaja menjadi salah satu kunci untuk mencegah penuaan dini yang sering terjadi pada kulit.

Kendati demikian, pemilihan produk skincare yang tepat sangat penting bagi para remaja agar kulit tidak bermasalah atau bahkan rusak.

Jadi, produk skincare seperti apa yang sebaiknya mulai digunakan di usia remaja? Berikut penjelasan selengkapnya.

Produk basic skincare untuk remaja

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Dr Gloria Novelita, SpDVE, FINSDV mengungkapkan bahwa produk-produk skincare yang basic atau dasar masih bisa dipakai remaja.

Adapun beberapa produk basic skincare yang direkomendasikan meliputi pembersih wajah (cleanser), pelembap (moisturizer), dan juga tabir surya (sunscreen) untuk kegiatan di luar ruangan.

"Di luar itu yang sifatnya tambahan seperti essence atau toner tidak selalu dibutuhkan," katanya saat ditemui di acara peluncuran rangkaian skincare Xtracare di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Baca juga: Pakai Skincare, Cara Self Healing untuk Kulit

Dokter Glori juga mengingatkan untuk segera menghentikan pemakaian produk skincare apabila terjadi indikasi tertentu, misalnya, kulit terasa gatal dan perih.

"Itu biasanya gejala awal iritasi karena tidak cocok atau alergi terhadap bahan aktif maupun formulasi skincare," terangnya.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, dokter spesialis kulit dan kelamin, Dr M. Akbar Wedyadhana, SpKK, FINSDV, FAADV menambahkan, tanda-tanda lain kulit tidak cocok dengan skincare adalah breakout atau munculnya jerawat.

"Paling sering gejala yang timbul itu jerawatan. Ini biasanya terjadi pada remaja putri yang menggunakan produk skincare tidak tepat karena hanya melihat dari medsos," jelas Dr Dhana.

Menurutnya, pemilihan produk skincare yang tidak pas, seperti bersifat acnegenic dan comedogenic, justru bisa mengganggu sistem pertahanan kulit (barrier kulit).

"Makanya, membuat (dan memilih) produk skincare tidak mudah. Benar-benar harus diperhatikan formulasinya agar tidak membuat fungsi kulit semakin menurun atau jadi bermasalah," ujar dia.

Baca juga: Pakai Skincare Bantu Kurangi Stres, Kok Bisa?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com