Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Resolusi Tahun Baru 2024 untuk Diri Sendiri 

Kompas.com - 01/01/2024, 20:11 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Menyambut tahun baru, ada beragam kegiatan yang dilakukan masyarakat. Salah satunya adalah membuat resolusi 2024 untuk diri sendiri. 

Psikolog Universitas Indonesia, Prof. Dr. Rose Mini Agoes Salim, M.Psi., mengatakan, resolusi adalah hal yang ingin diubah atau dicapai pada tahun mendatang. 

“Resolusi adalah sesuatu yang ingin diubah, ingin dicapai, ingin digapa pada tahun berikutnya. Resolusi itu, biasanya dibuat berdasarkan apa yang sudah terjadi pada tahun sebelumnya, sehingga kita punya resolusi untuk menjadi lebih baik dari tahun lalu,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (1/1/2024). 

Baca juga:

Lantas, bagaimana cara membuat resolusi 2024 untuk diri sendiri? Simak ulasannya berikut ini. 

Cara membuat resolusi 2024 untuk diri sendiri 

Berikut sejumlah langkah membuat resolusi 2024 untuk diri sendiri seperti dirangkum Kompas.com.

1. Petakan potensi diri 

Rose Mini atau akrab disapa Bunda Romy, mengatakan, langkah pertama membuat resolusi 2024 untuk diri sendiri adalah dengan memetakan potensi diri. 

“Resolusi sebaiknya dibuat dengan cara membaca, memetakan, atau melihat gambaran tentang diri kita. Apa yang ada pada diri kita selama ini, apa yang membuat kita selalu gagal, dan sebagainya,” ujarnya. 

Misalnya, selama ini kita memiliki kelemahan yakni mudah putus asa di tengah jalan. Maka, contoh resolusi 2024 yakni lebih giat dan semangat sehingga tidak mudah putus asa. 

Sembari memetakan potensi diri, kita bisa mencari alasan tepat untuk menetapkan sebuah resolusi. Seorang Terapis Profesional, Abbey Sangmeister, mengatakan alasan tersebut menjadi pondasi bagi seseorang dalam menentukan sebuah resolusi.

Apa alasanmu mengambil resolusi ini? Jadi, ikat emosi yang kuat ke dalam resolusi tersebut,” ujarnya seperti dilansir dari Real Simple.

2. Tetapkan target realistis

Ilustrasi resolusi 2024Unsplash Ilustrasi resolusi 2024

Setelah memetakan potensi diri dan mengetahui alasan menetapkan resolusi, selanjutnya kamu bisa menentukan target. Rose Mini menyarankan, agar masyarakat menghindari target resolusi yang tidak realistis. 

“Resolusi juga sebaiknya jangan terlalu muluk-muluk, takutnya tidak tercapai,” tuturnya. 

Misalnya, resolusi ingin kurus dengan menurunkan berat badan 2 kilogram (kg) di awal. Setelah target 2 kg tercapai, maka bisa dilanjutkan dengan target-target berikutnya. 

“Resolusi tidak terlalu muluk-muluk awalnya, agar bisa tercapai dulu. Nanti kalau sudah tercapai akan menimbulkan kepuasan, dan kepuasan tersebut akan membuat kita semakin semangat untuk mencapai resolusi berikutnya,” imbuh Rose Mini. 

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com