Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Mal Ramah Pejalan Kaki di Jakarta, Ada yang Dekat Stasiun MRT

Kompas.com - 03/01/2024, 19:43 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mal bisa ditemukan di berbagai sudut Jakarta. Pusat perbelanjaan ini bisa dijadikan destinasi belanja, sekaligus lokasi untuk menghabiskan waktu dengan keluarga atau orang-orang terdekat. 

Adapun mal yang sudah difasilitasi akses transportasi umum dan jalur pedestrian memiliki daya tarik tersendiri lantaran lebih memudahkan mobilitas pejalan kaki. 

Baca juga:

“Mal-mal yang punya akses pedestrian dan mengoneksikan langsung ke transportasi umum, itu pasti akan ramai,” ujar Co-Founder organisasi Transport for Jakarta, Adriansyah Yasin Sulaeman, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (3/1/2024). 

 

Bagi kamu yang hobi bepergian dengan jalan kaki dan menggunakan transportasi umum, berikut rekomendasi mal yang bisa kamu kunjungi.

Rekomendasi mal di Jakarta yang ramah pejalan kaki

1. Sarinah

Mencoba mesin foto gratis di depan Gedung Sarinah, Jumat (28/4/2023)Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Mencoba mesin foto gratis di depan Gedung Sarinah, Jumat (28/4/2023)

Berada di Jakarta Pusat, Sarinah bisa jadi pilihan terbaik untuk pejalan kaki berkat kemudahan aksesnya.

Menurut Adrian, terbukanya akses pejalan kaki di pusat perbelanjaan ini menjadi sebuah transisi yang berhasil dan mampu mengubah pandangan masyarakat terhadap mal.

“Kita sekarang melihat transformasi Sarinah. Awalnya di depan mal hanya ada lahan parkir, tapi sekarang menjadi ruang semi publik dan mengedepankan akses. Yang awalnya pintu masuk hanya terbatas pada satu atau dua titik, tapi dengan desain yang baru, pejalan kaki bisa masuk mal dari segala penjuru,” jelas Adrian, Rabu (3/1/2024). 

Secara teori, kata Adrian, desain Sarinah yang baru ini sangat bagus karena letaknya di tengah kota, namun bisa diakses dengan cukup mudah sehingga bisa menjadi magnet baru untuk perkembangan kawasan sekitarnya.

Baca juga: Jalan Kaki hingga Bersepeda, 5 Olahraga yang Bikin Umur Panjang

2. Blok M Plaza

Kondisi mal Blok M Plaza pada Sabtu (22/7/2023), yang nampak tenant-tenantnya terisi penuh usai aksesnya terhubung dengan stasiun MRT Jakarta. KOMPAS.com/YOHANA ARTHA ULY Kondisi mal Blok M Plaza pada Sabtu (22/7/2023), yang nampak tenant-tenantnya terisi penuh usai aksesnya terhubung dengan stasiun MRT Jakarta.

Blok M Plaza termasuk mal di Jakarta Selatan yang dinilai ramah pejalan kaki. Sebab, mal ini punya akses ke moda transportasi umum MRT. 

Untuk menuju Blok M Plaza, kamu bisa menggunakan MRT dan turun di Stasiun Blok M BCA. Dari stasiun, ada pintu keluar yang langsung terkoneksi ke dalam mal tanpa harus keluar area stasiun terlebih dulu.

Menurut Adrian, terkoneksinya stasiun MRT langsung ke Blok M Plaza merupakan salah satu perkembangan yang cukup baik dalam hal akses untuk pejalan kaki. 

Baca juga: 5 Alasan Jalan Kaki Jadi Aktivitas Ideal untuk Membakar Lemak

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com