Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Lipstick dan Lip Mousse, Mana yang Lebih Unggul?

Kompas.com - 04/01/2024, 14:11 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Elle.in

KOMPAS.com - Bagi kamu pecinta produk kecantikan, pastinya tak asing lagi dengan lipstik. 

Saat ini, produk-produk kecantikan sudah lebih berkembang. Produk pewarna bibir juga tak hanya terbatas pada lipstik saja. Ada lip cream, lip tint, lip gloss, bahkan lip mousse yang baru-baru ini menjadi tren. 

Lipstik, yang sekarang lebih sering ditemui dalam bentuk lip cream memiliki kemiripan dengan lip mousse. Kemiripan antara keduanya seringkali membuat bingung. 

Baca juga:

Sebenarnya, apa sih perbedaan antar keduanya?

Perbedaan Lipstik dan Lip Mousse

Lipstik

Perbedaan yang paling signifikan dari keduanya ada di bagian tekstur dan formulasi. Dilansir dari Elle.in, lipstik tersedia dalam berbagai jenis tekstur, mulai dari matte, satin, gloss, krim, hingga glitter. 

Formulasinya berbeda-beda untuk setiap tekstur, begitu pula dari segi kemasan dan bentuknya. Dalam hal ini, lipstik bisa ditemukan dalam bentuk cair, krim, atau bahkan krayon. 

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Noda Lipstik di Pakaian

Menurut seorang penata rias, Kajol R Paswwan, lipstik biasanya lebih tahan lama, terlebih jika hasilnya matte. 

“Lipstik cair matte memberikan coverage yang lebih tebal dibanding produk bibir lainnya,” ujar Kajol, dilansir dari Elle.in, Kamis (4/1/2024). 

Lip Mousse

Ilustrasi seorang wanita menggunakan lipstik.PEXELS/Sam Lion Ilustrasi seorang wanita menggunakan lipstik.

Serupa dengan lipstik, lip mousse juga berbentuk cair, tetapi dengan konsistensi krim.

Sebelum digunakan, lip mousse harus dikocok terlebih dahulu, sehingga teksturnya lebih ringan. Sedangkan, untuk hasil akhirnya, lip mousse terasa lebih halus dan tidak berat di bibir. 

“Biasanya ada dua jenis lip mousse, yakni yang memberikan hasil akhir mengkilap atau matte. Tetapi kekurangannya, lip mousse lebih cepat hilang, terutama ketika makan atau minum,” jelas Kajol. 

Baca juga: Warna-warna Lipstik yang Tidak Menarik untuk Wanita di Atas 40 Tahun

Meski demikian, lip mousse merupakan produk bibir yang sangat menghidrasi karena biasanya diperkaya dengan minyak esensial atau vitamin E.

Lantas, dari kedua produk tersebut, mana yang lebih unggul?

Kebanyakan orang memiliki kedua produk tersebut untuk memadupadankan atau memilih produk berdasarkan jenis tampilan atau acara yang dituju. 

Namun, kamu bisa mempertimbangkan tekstur, warna, dan ketahanan produknya saat digunakan. 

“Gunakan lip mousse saat harus keluar rumah sepanjang hari, karena lip mousse berfungsi untuk menghidrasi bibir. Namun, saat keluar di malam hari atau acara-acara khusus, saya akan merekomendasikan lipstik cair matte karena memberikan hasil akhir yang lebih tajam dan lebih tahan lama,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com