Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Parfum Dupe? Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Membeli 

Kompas.com - 07/01/2024, 10:15 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Istilah parfum dupe sudah tidak asing lagi di industri fesyen. Namun, apa yang dimaksud dengan parfum dupe? Simak ulasannya berikut ini.

Hampir setiap orang menyukai parfum. Aroma parfum mampu meningkatkan rasa percaya diri, memperbaiki mood, dan meningkatkan performa. 

Baca juga:

Tidak heran jika merek-merek fesyen ternama di dunia berlomba untuk menciptakan parfum dengan aroma yang khas, baik aroma top, middle hingga base. 

Sejumlah merek fesyen dunia yang memiliki koleksi parfum ternama antara lain  Maison Francis Kurkdjian, Chanel, Zara, Yves Saint Laurent (YSL), Victoria's Secret, Hermes, Dior, Bvlgari, Hugo Boss, Calvin Klein, Kenzo, Jo Malone, dan sebagainya. 

Merek-merek ternama di dunia itu memiliki beragam koleksi aroma parfum yang mewah, unik, dan elegan. Namun, harga parfum dari label ternama dunia tersebut tentunya cukup menguras kantong. 

Nah, fenomena ini kemudian melahirkan tren parfum dupe. Lantas, apa itu parfum dupe? Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu parfum dupe

Ilustrasi parfum Ilustrasi parfum

Secara umum, parfum dupe adalah parfum yang aromanya terinspirasi dari merek parfum ternama di dunia. Aromanya menyerupai parfum mewah, namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau, dilansir dari Premium Beauty. 

Namun, perlu digarisbawahi bahwa parfum dupe bukan dan tidak sama dengan parfum palsu. Melansir dari Allure, parfum palsu secara eksplisit menyesatkan konsumen dengan berpura-pura berasal dari merek ternama, padahal sama sekali tidak berafiliasi.

Fenomena produk dupe ini tidak hanya terjadi pada industri parfum tetapi juga dijumpai pada tas, pakaian, dan kosmetik. Produsen parfum dupe lebih menyasar konsumen lokal maupun kelas menengah. 

Mereka berangkat dari fenomena bahwa parfum mewah hanya bisa dijangkau kalangan tertentu. Untuk diketahui, formula wewangian tidak dilindungi hak cipta, karenanya bisa lahir parfum-parfum dupe dengan aroma serupa, namun harganya lebih terjangkau.

Saat ini, banyak dijumpai merek-merek parfum lokal yang menyatakan bahwa mereka adalah parfum dupe dari merek ternama di dunia. Menariknya, trik pemasaran tersebut justru populer di media sosial dan berhasil menggaet pembeli dari kalangan muda, dilansir dari Allure

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com