Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2024, 14:36 WIB
Dinno Baskoro,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berburu pakaian bekas alias thrifting seringkali dianggap sebagai seni mencari harta karun yang tersembunyi.

Tapi, di balik kesenangan menemukan koleksi yang langka atau berkualitas, perlu diingat kalau thrifting tidak selalu menjamin mendapatkan barang yang sempurna.

Baca juga: Berburu Baju Bekas Bermerek di Pasar Senen, Murah Meriah

Terutama saat thrifting di lantai 2 blok III, Pasar Senen, Jakarta Pusat. Di tempat ini, ada begitu banyak pakaian bekas yang dijual dengan harga miring.

Beberapa di antaranya dibanderol mulai dari Rp 10.000 hingga ratusan ribu rupiah. Seluruh barang yang dijual pun tergantung dari kualitas, warna, dan mereknya.

Jika beruntung, kamu bakal menemukan item fesyen langka atau keluaran merek kenamaan. Misalnya Ralph Lauren, Stussy, Supreme, GAP, dan Tommy Hilfiger dengan harga jauh di bawah pasaran.

Lantas, bagaimana cara mengetahui sebuah barang original (ori atau asli) dan berkualitas? Berikut tipsnya agar kamu menemukan barang original dan tidak merugi.

Baca juga:

Tips membedakan barang ori dan KW di Pasar Senen

1. Perbanyak riset seputar merek incaran

Satu hal yang bisa dilakukan adalah riset dan memperbanyak referensi seputar koleksi lawas dari barang atau merek yang dicari terlebih dahulu.

Langkah ini bisa membantu agar lebih mudah menemukan hidden gem di tengah banyaknya pilihan baju bekas atau impor.

Jika sudah memahami banyak informasi seputar koleksi lawas itu, segera pasang mata untuk mencari item fesyen di tumpukkan baju atau rak yang ada di toko tersebut.

Baca juga: Apa Itu Thrifting? Gaya Hidup yang Masih Digemari Generasi Muda

Thrifting di Pasar Senen, jakarta, Senin (8/1/2024)KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Thrifting di Pasar Senen, jakarta, Senin (8/1/2024)

2. Mencari koleksi di rak atas

Berdasarkan pantauan Kompas.com di Pasar Senen, Senin (8/1/2024), kebanyakan penjual baju bermerek dan berkualitas di Pasar Senen membedakan kualitasnya dari penempatan baju yang dipajang.

Kamu tak perlu membuang-buang waktu untuk mencari tumpukan pakaian yang ada di rak bawah. Sebab, biasanya baju yang dipajang di rak atau tumpukkan hanyalah baju biasa atau bukan dari merek ternama.

Segera masuk ke bagian dalam toko dan lihat berbagai koleksi yang digantung di rak atas.

"Di atas yang bagus-bagus kualitasnya. Tadi ada sweater Tommy Hilgifer juga tapi udah dibeli orang. Itu terjual Rp 300.000, original," ujar salah satu staf penjual toko jaket bermerek di Pasar Senen bernama Mel kepada Kompas.com, Senin (8/1/2024).

Baca juga: 7 Artis Hollywood yang Mengaku Gemar Thrifting dan Pakaian Bekas

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com