Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2024, 08:44 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kulit muka kering menjadi masalah bagian sebagian besar orang Indonesia. Oleh sebab itu, memiliki sabun muka untuk kulit kering sangat penting. 

Penyebab kulit muka kering adalah tidak cukup terhidrasi. Kondisi ini biasanya ditandai dengan kulit muka bersisik, kasar, gatal, atau muncul kerutan halus, dilansir dari Healthline

Baca juga:

Oleh sebab itu, kamu harus memastikan kecukupan air mineral bagi tubuh, memakai pelembab (moisturizer), dan tabir surya (sunscreen). 

Tidak kalah penting adalah mencari sabun muka yang memiliki formula lembut (gentle cleanser). Hindari sabun muka yang mengandung bahan keras, seperti alkohol, retinoid, sulfat, parfum atau pewangi (fragance), dan sebagainya lantaran menyebabkan kulit kering, iritasi atau peradangan.

Ada beberapa sabun muka yang lembut dan melembapkan tanpa pewangi. Beberapa kandungan dalam sabun muka yang dapat melembaban kulit antara lain, polietilen glikol, akil poliglikosida, surfaktan silikon, lanolin, dan parafin.

Sabun muka untuk kulit kering 

Berikut rekomendasi sabun muka untuk kulit kering seperti dirangkum Kompas.com

1. Cethapil Gentle Skin Cleanser

Cethapil Gentle Skin Cleanser, sabun muka untuk kulit keringDok. https://www.cetaphil.co.id/ Cethapil Gentle Skin Cleanser, sabun muka untuk kulit kering

Sabun muka yang satu ini, diformulasikan untuk semua jenis kulit. Berdasarkan informasi dari situs resminya, Cethapil Gentle Skin Cleanser menggunakan formula gel yang terbukti secara klinis memberikan hidrasi sangat baik, sehingga melindungi kulit dari kondisi kering.

Selain itu, Cethapil Gentle Skin Cleanser juga mampu menghilangkan kotoran dan sisa makeup dengan sangat lembut namun tetap efektif. Beberapa kandungan dalam Cethapil Gentle Skin Cleanser, antara lain niacinamide (vitamin B3), panthenol (pro-vitamin B5), gliserin yang menghidrasi dan menjaga kelembaban alami kulit.

Cethapil Gentle Skin Cleanser diklaim tanpa tambahan pewangi sehingga aman untuk kulit kering. Harganya dibanderol antara Rp 50.000 hingga Rp 280.000 bergantung dari ukurannya. 

2. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser, rekomendasi sabun muka untuk kulit keringDok. https://www.cosrx.id/ COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser, rekomendasi sabun muka untuk kulit kering

Produk asal Korea Selatan ini, memiliki tekstur gel dan menghasilkan busa lembut. COSRX Low pH Good Morning Cleanser diklaim menggunakan bahan-bahan alami.

Sabun cuci muka dengan formula lembut ini, bagus digunakan pada pagi hari. Melansir dari situs resminya, COSRX Low pH Good Morning Cleanser diklaim mampu membersihkan kulit sensitif dengan lembut karena mengandung kadar acid yang mirip dengan kadar pH kulit.

Gel cleanser ini mampu menenangkan, mengeksfoliasi, melembapkan, membersihkan kulit muka, dan mengangkat sel-sel kulit mati. Harganya dibanderol antara Rp 65.000 hingga Rp 150.000 untuk ukuran 50 ml dan 150 ml. 

3. Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash

Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash, sabun muka untuk kulit kering Dok. https://www.wardahbeauty.com/ Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash, sabun muka untuk kulit kering

Wardah menawarkan sabun cuci muka untuk kulit kering yakni Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash. Kandungan aloe vera di dalam produk ini bermanfaat untuk melembabkan dan menenangkan kulit kering. 

Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash, membersihkan kulit secara lembut merata, sehingga kulit wajah bersih, segar dan tetap terasa lembab. 

Beberapa formula dalam Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash antara lain, Advanced Dermaclear+ Formula, Triple Hydrating Complex, Hydramild Aloe Vera Extract. Harganya dibanderol mulai dari Rp 21.000 dengan ukuran 100 ml. 

4. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Facial Wash

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash, sabun muka untuk kulit keringDok. https://rohto.co.id/ Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash, sabun muka untuk kulit kering

Hada Labo merupakan rangkaian perawatan wajah yang dikembangkan oleh Rohto Pharmaceutical Japan. Untuk perawatan kulit kering, Hada Labo menawarkan Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash. 

Melansir situs Rohto, sabun cuci muka ini, mengandung dua jenis hyaluronic acid yang mampu mengangkat kotoran serta minyak di kulit wajah tanpa menyebabkan kulit menjadi kering. 

Jadi, kelembaban muka tetap terjaga usai mengenakan produk ini. Selain itu, Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash tidak mengandung alkohol dan parfum. Harganya dibanderol mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 60.000 untuk ukuran 50 ml hingga 100 ml. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com