Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Beli Bunga di Pasar Rawa Belong untuk Pertama Kali

Kompas.com - 22/01/2024, 19:19 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasar Bunga Rawa Belong menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi warga Jakarta bila ingin membeli bunga.

Terletak di Jalan Sulaiman No. 56, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pasar ini juga dikenal sebagai sentra bunga terbesar di Asia Tenggara.

Adapun bunga-bunga yang dijual sangat beragam, mulai dari bunga plastik atau imitasi hingga bunga potong yang masih segar. Ada pula perlengkapan untuk menghias bunga.

Pada Senin (22/1/2024), Kompas.com pun berkesempatan menyambangi pasar bunga ini.

Suasananya memang tidak terlalu ramai pembeli, namun tetap banyak pedagang yang menjajakan bunga-bunganya di dalam gedung pasar.

Nah, bagi kamu yang baru pertama kali berkunjung untuk membeli bunga di pasar ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelumnya.

Baca juga: 6 Tips Membuat Bunga Potong Segar Lebih Lama

Bunga yang dijual di Pasar Rawa Belong sangat beragam, mulai dari bunga plastik hingga bunga potong yang masih segar.KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Bunga yang dijual di Pasar Rawa Belong sangat beragam, mulai dari bunga plastik hingga bunga potong yang masih segar.

Tips beli bunga di Pasar Rawa Belong

Kompas.com merangkum beberapa tips pertama kali membeli bunga di Pasar Rawa Belong sebagai berikut.

1. Datang pagi hari

Pasar Bunga Rawa Belong bisa dibilang tidak pernah tidur alias buka 24 jam setiap harinya. Jadi, kamu sebenarnya bisa datang kapan saja untuk membeli bunga di tempat ini.

Tetapi berdasarkan pengalaman Kompas.com saat berkunjung langsung, sebaiknya datanglah lebih pagi sekitar pukul 06.00 sampai 08.00 WIB.

Hal ini dikarenakan Pasar Bunga Rawa Belong berada di kawasan yang padat penduduk sehingga jika datang terlalu siang atau di atas jam 11.00 WIB, kamu mungkin akan terjebak kemacetan lalu lintas di sekitar pasar dan jalanan menuju pasar.

2. Pastikan bunga masih segar

Selanjutnya, pastikan bunga yang kamu pilih masih segar. Biasanya bunga-bunga potong yang masih segar dapat ditemui saat pagi hari ketika baru datang dari perkebunan lokal di beberapa daerah.

Menurut seorang pedagang di kios bunga Edy Florist bernama Santi, bunga-bunga didatangkan dari perkebunan lokal mulai malam hingga pagi hari.

Maka jika kamu berbelanja di waktu-waktu ini kemungkinan besar bunga masih dalam segar.

"Rata-rata bunga baru itu datangnya Selasa, Kamis, dan Sabtu," tambah Santi.

Baca juga: 12 Bunga Keberuntungan untuk Tiap Shio, Bawa Hoki Masing-masing

Beragam jenis bunga mawar yang dijual oleh pedagang di etalase Pasar Bunga Rawa Belong, Senin (22/1/2024)KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Beragam jenis bunga mawar yang dijual oleh pedagang di etalase Pasar Bunga Rawa Belong, Senin (22/1/2024)

3. Perhatikan harga bunga

Harga bunga di tempat ini cenderung tidak stabil, atau bisa naik dan bisa turun sesuai dengan harga pasarannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com