Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bujet Rp 100.000-an Bisa Dapat Apa di Pasar Bunga Rawa Belong?

Kompas.com - 23/01/2024, 16:43 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjadi salah satu pasar bunga terbesar se-Asia Tenggara, Pasar Rawa Belong menawarkan beragam pilihan bunga yang menarik.

Adapun bunga segar yang banyak dijual di tempat ini antara lain mawar, lili, tulip, aster, baby breath hingga krisan.

Soal harga, masing-masing kios mematoknya berbeda sesuai dengan jenis serta harga pasaran bunga yang cenderung tidak stabil, alias bisa naik dan turun.

Pedagang di kios Amanda Florist bernama Rudi mengatakan, harga bunga bisa melonjak jika permintaan naik seperti di hari-hari besar atau momen khusus.

"Kalau harganya sih tidak tentu ya, tergantung lagi momen apa," ujar Rudi.

Baca juga: 4 Tips Beli Bunga di Pasar Rawa Belong untuk Pertama Kali

Lantas, jika kita hanya memiliki bujet Rp 100.000-an, apa yang bisa didapatkan di Pasar Bunga Rawa Belong? Simak rekomendasi yang dirangkum Kompas.com sebagai berikut.

Bujet Rp 100.000-an bisa dapat apa?

1. Bunga aster, lili, atau krisan

Jenis bunga selain mawar biasanya memiliki harga yang lebih murah, seperti bunga aster, lili, atau krisan.

Di kios milik Rudi, misalnya, bunga lili per batangnya dibanderol seharga Rp 40.000, sedangkan buket bunga mawar berkisar antara Rp 200.000 sampai dengan Rp 250.000 isi 20 batang.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ratmi, seorang pedagang di kios Kemuning Florist.

Menurut dia, bunga lili per batangnya dihargai Rp 40.000. Jika ada yang bujetnya lebih murah, ia merekomendasikan bunga krisan yang dibanderol Rp 30.000 per batang.

"Tapi tergantung juga karena ada lili yang impor kan. Kalau impor biasanya jadi Rp 100.000-an," ujar Ratmi kepada Kompas.com, Senin (22/1/2024).

Pembeli memilih bunga mawar yang dijual di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta, Rabu (13/2/2019). Menjelang Hari Kasih Sayang (Valentine Day), harga bunga mawar naik hingga dua kali lipat dari harga biasanya Rp 30 ribu menjadi Rp 50 ribu - Rp 70 ribu per ikat.ANTARA FOTO/PUTRA HARYO KURNIAWA Pembeli memilih bunga mawar yang dijual di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta, Rabu (13/2/2019). Menjelang Hari Kasih Sayang (Valentine Day), harga bunga mawar naik hingga dua kali lipat dari harga biasanya Rp 30 ribu menjadi Rp 50 ribu - Rp 70 ribu per ikat.

2. Hand bouquet mawar putih atau kuning

Karena lebih banyak dicari, bunga mawar yang berwarna merah memiliki harga lebih mahal daripada warna mawar lainnya, seperti putih atau kuning.

Pedagang di kios Edy Florist, Santi menuturkan bahwa hand bouquet yang berisi bunga mawar putih dan kuning bisa didapatkan mulai dari harga Rp 100.000 hingga Rp 150.000.

Sementara mawar merah atau pnik bisa Rp 250.000 sampai Rp 300.000 jika ada momen tertentu seperti Hari Kasih Sayang (Valentine).

3. Bunga mawar bertangkai kecil

Hand bouquet berisikan bunga-bunga mawar bertangkai kecil juga bisa menjadi pilihan jika bujet kita pas-pasan.

Menurut Santi, di kios miliknya harga hand bouquet dengan 20 bunga mawar merah yang tangkainya kecil hanya dibanderol sekitar Rp 120.000 saja.

Tapi jika kamu ingin merogoh kocek lebih besar, maka bisa memilih bunga mawar bertangkai besar dengan harga mulai dari Rp 250.000.

Baca juga: Berburu Bunga Segar di Pasar Rawa Belong, Catat Waktu Terbaiknya

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com