Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Berkunjung ke Pasar Bunga Rawa Belong? Begini Cara Menuju Lokasi

Kompas.com - 22/01/2024, 21:21 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dikenal sebagai salah satu sentra bunga terbesar se-Asia Tenggara, Pasar Bunga Rawa Belong menjajakan beragam jenis bunga yang terbilang cukup lengkap.

Pasar yang buka 24 jam setiap harinya ini dibagi menjadi dua bangunan. Di bangunan pertama ada blok A dan blok B yang menjual bunga potong basah dan hidup.

Sementara di seberangnya terdapat blok C yang menjual bunga palsu, tanaman hias, serta berbagai macam perlengkapan untuk menghias bunga.

Adapun bunga-bunga segar yang dijual biasanya didatangkan langsung dari perkebunan lokal seperti di Bogor, Bandung, Malang, dan beberapa daerah lainnya.

Cara menuju ke Pasar Bunga Rawa Belong

Untuk menuju ke lokasi, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa digunakan karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota.

Bagi yang ingin berburu bunga di pasar ini, cobalah beberapa rekomendasi berikut.

1. Ojek online

Ojek online atau ojol adalah pilihan transportasi yang paling mudah jika kamu ingin berkunjung ke Pasar Bunga Rawa Belong.

Cukup memesan ojol sesuai lokasi pada aplikasi, maka kamu bisa langsung sampai di tempat tujuan dengan lebih cepat meskipun harus merogoh kocek yang lebih banyak.

Jika kamu berencana untuk naik ojol, pastikan berangkat lebih awal agar tidak terlalu macet, baik saat datang maupun pulang dari Pasar Bunga Rawa Belong.

Untuk titik lokasinya, kamu bisa memilih berhenti di Pasar Bunga Rawa Belong yang beralamat di Jalan Sulaiman No. 56, RT.10/RW.3, Sukabumi Utara, Kec. Kebon Jeruk , Kota Jakarta Barat.

Tampilan pintu samping gedung blok A dan blok B di Pasar Bunga Rawa Belong yang menjual beragam jenis bunga segar, Senin (22/1/2024).KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Tampilan pintu samping gedung blok A dan blok B di Pasar Bunga Rawa Belong yang menjual beragam jenis bunga segar, Senin (22/1/2024).
2. Kendaraan pribadi

Sama dengan naik ojol, naik kendaraan pribadi juga membutuhkan titik lokasi yang tepat dan mungkin perlu bersabar dengan situasi lalu lintas yang padat.

Jika memilih naik kendaraan pribadi, kamu mungkin akan dikenakan biaya parkir, baik untuk motor maupun mobil.

3. TransJakarta

Area di Pasar Bunga Rawa Belong cenderung padat penduduk. Selain pedagang, banyak pekerja kantor dan mahasiswa yang juga melewati jalanan di sekitar pasar.

Untuk menghindari kemacetan lalu lintas, kamu bisa berkunjung ke tempat ini dengan menggunakan transportasi umum seperti TransJakarta, yang hanya merogoh kocek sebesar Rp 3.500.

Di dekat Pasar Bunga Rawa Belong terdapat dua halte Bus TransJakarta, yakni Halte Kelapa Dua Sasak jika turun dari arah Kebon Jeruk dan Halte Palmerah jika turun dari arah Palmerah.

Pedagang merapikan bunga mawar yang dijual di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta, Rabu (13/2/2019). Menjelang Hari Kasih Sayang (Valentine Day), harga bunga mawar naik hingga dua kali lipat dari harga biasanya Rp 30 ribu menjadi Rp 50 ribu - Rp 70 ribu per ikat.ANTARA FOTO/PUTRA HARYO KURNIAWA Pedagang merapikan bunga mawar yang dijual di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta, Rabu (13/2/2019). Menjelang Hari Kasih Sayang (Valentine Day), harga bunga mawar naik hingga dua kali lipat dari harga biasanya Rp 30 ribu menjadi Rp 50 ribu - Rp 70 ribu per ikat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com