Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei: Perempuan Lebih Suka Laki-laki Wangi daripada Rapi

Kompas.com - 31/01/2024, 09:40 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap perempuan punya tipe laki-laki idaman yang berbeda-beda, seperti tampilan fisik, kecocokan ketika berkomunikasi, dan lainnya.

Namun, survei yang diadakan oleh ZAP Clinic bersama perusahaan konsultan pemasaran Markplus.Inc terhadap 9.000 perempuan Indonesia dari Gen X, Y, dan Z pada 2023 menemukan, ada satu kriteria dari laki-laki yang ternyata paling diperhatikan ketika mencari pasangan, yakni aroma tubuh.

Baca juga:

Perempuan suka laki-laki wangi

Ilustrasi menyemprot cologne ke pergelangan tangan.Dok. Shutterstock/Body Stock Ilustrasi menyemprot cologne ke pergelangan tangan.

Survei ZAP Beauty Index menunjukkan bahwa perempuan lebih tertarik dengan laki-laki yang punya aroma tubuh wangi dibandingkan sekadar terlihat rapi ketika pertama bertemu. 

Meski demikian, tak dijelaskan berapa persentase perempuan yang dimaksud dalam hal ini. 

“Dibanding rapi, perempuan lebih tertarik sama laki-laki wangi lho dibanding rapi. Ini jelas kebalik banget sama laki-laki yang lebih mentingin penampilan,” kata COO Markplus.Inc, Yossanova ketika memaparkan hasil survei ZAP Beauty Index kepada awak media di Jakarta, Selasa (30/1/2024). 

Baca juga:

Dalam hasil survei ZAP Beauty Index and MEN/O/LOGY Index 2024, hanya ada 0,1 persen dari 1.500 laki-laki yang menjadi responden yang merasa tampan saat aroma tubuhnya wangi.

“Pantas saja banyak perempuan yang kalau pacarnya ulang tahun, hadiahnya dikasih parfum. Nih harusnya orang-orang yang jualan parfum jangan nawarin dagangannya ke cowok, ya. Jualnya ke ceweknya saja justru,” lanjut Nova.

Di sisi lain, sebanyak 23,5 persen laki-laki justru merasa bahwa berpakaian rapi akan lebih membuat mereka merasa tampan.

“23,5 persen laki-laki nih baru ngerasa ganteng kalo well-dressed, padahal cewek mah enggak mandang itu, malah lebih tertarik sama wanginya. Salah nih selama ini cowok-cowok,” kata Nova sambil terkekeh. 

Tipe laki-laki idaman perempuan Indonesia

Nova menyebutkan lebih rinci hasil survei terkait kriteria laki-laki yang disebut sebagai idaman para perempuan Indonesia. 

Berdasarkan hasil survei, laki-laki tampan tak selalu menjadi pilihan utama perempuan Indonesia. Secara fisik, para perempuan Indonesia lebih menyukai laki-laki tinggi dan memiliki wajah yang terawat. 

“Perempuan Indonesia yang jadi responden juga setuju bahwa laki-laki yang pintar jauh lebih menarik dibandingkan laki-laki yang mapan. Jadi kalo laki-laki justru melihat semuanya secara materiil, perempuan justru kebalikannya,” pungkasnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com