Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kunci Sukses Brand Lokal Bertahan di Industri Ritel

Kompas.com - 03/02/2024, 07:05 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kemunculan berbagai brand lokal di industri ritel membuat masyarakat Indonesia punya lebih banyak pilihan saat belanja di pusat perbelanjaan.

Apalagi, kualitas produk dari brand lokal kini juga tak kalah bagus dengan brand-brand internasional yang harganya jauh lebih mahal.

Meski brand lokal baru kerap bermunculan, tetapi tak semua bisa mempertahankan eksistensinya dalam waktu lama.

Baca juga:

Lebih lanjut, brand lokal Fine Counsel, ESQA Cosmetics, dan Saturdays menceritakan kunci sukses mereka menancapkan eksistensi di industri ritel.

Kunci sukses brand lokal di industri ritel

1. Punya ciri khas

Salah satu kunci sukses brand lokal dapat bertahan di industri ritel adalah karena memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda dari brand lain.

ESQA Cosmetics, misalnya, telah menjadi brand makeup lokal pertama yang menerapkan konsep makeup vegan di Indonesia sejak berdiri pada 2016 lalu.

"Semua produk terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Jadi kami tidak memakai bahan-bahan yang sumbernya dari hewan dan bahan-bahan kimia yang keras," kata Co-founder dan CEO ESQA Cosmetics, Cindy Angelina kepada Kompas.com seusai acara rakernas APPBI 2024, di Jakarta, Rabu (31/1/2024) lalu.

Baca juga: Esqa Cosmetics Buka Toko Pertama Berkonsep Futuristik

2. Memberikan pengalaman yang menarik

Gerai kopi di toko terbaru Saturdays di Central Park Mall Gerai kopi di toko terbaru Saturdays di Central Park Mall

Selain punya ciri khas, memberikan pengalaman belanja yang menarik juga dapat membuat brand lokal tetap eksis di pasar retail.

Hal ini kemudian diterapkan oleh brand kacamata lokal, Saturdays, yang menghadirkan keunikan di dalam tokonya lewat sebuah coffee shop.

Berkat trauma masa lalu saat membeli kacamata di mal, pendiri Saturdays, Rama Suparta pun menciptakan toko kacamata yang memberikan pengalaman lebih menyenangkan.

"(Saat itu) sebagai brand baru, first impression itu sangat penting. Kami juga memastikan untuk bisa menjual kopi sekaligus kacamata dengan kualitas terbaik," ujar dia.

Baca juga: Saturdays Perkenalkan Lini Produk Baru dan Fitur AI untuk Mencoba Kacamata

Kini, brand lokal yang lahir pada 2016 itu sudah memiliki 50 toko di 19 kota di Indonesia.

3. Selalu berinovasi

Saturdays meluncurkan koleksi Saturdays Active untuk individu yang aktif dan dinamis.Dok. Instagram Saturdays Lifestyle Saturdays meluncurkan koleksi Saturdays Active untuk individu yang aktif dan dinamis.

Memang tidak mudah, tapi berinovasi dengan hal-hal baru yang sesuai dengan perkembangan zaman juga penting agar brand lokal bertahan di industri ritel.

Setelah kurang lebih delapan tahun berdiri, ESQA Cosmetics akhirnya membuka flagship store pertamanya di Pondok Indah Mall (PIM) 2 pada Oktober 2023 lalu, sekaligus memperkenalkan produk makeup hybrid sebagai inovasi terbaru.

"ESQA kebetulan sudah hybrid dan mengandung beberapa bahan skincare, seperti hyaluronic acid, vitamin C hingga peptide," terang Cindy.

Baca juga: Pahami, Cara Menyimpan Kacamata agar Tidak Mudah Rusak

Tak hanya ESQA, Saturdays pun memiliki beragam jenis kacamata untuk berbagai kalangan dan kebutuhan.

"Selain karena toko kami yang konsepnya menarik, kacamata Saturdays juga dibuat lebih terjangkau dan modelnya lebih funky dan modern, khususnya untuk Gen-Z," tutur Rama.

Yang terbaru, ia menyebutkan, bahwa Saturdays juga meluncurkan koleksi "Saturdays Active" untuk individu yang aktif dan dinamis.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com