Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Harus Fitting Baju Pengantin? Ini Waktu Idealnya

Kompas.com - 03/02/2024, 16:00 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Begitu tanggal pernikahan telah ditetapkan, pasangan calon pengantin pun harus sibuk dengan segala persiapan. 

Fitting busana, khususnya gaun pengantin juga menjadi salah satu hal yang tak boleh terlewatkan dalam persiapan pernikahan. 

Menurut desainer gaun pengantin Jessica Evadne (29), menciptakan gaun pengantin memerlukan waktu yang tak singkat. 

“Biasanya kalau fitting gaun pengantin gitu dari jauh-jauh hari, karena mereka banyak permintaan, kan. Biasa dari enam bulan sebelum hari H juga sudah fitting,” ujar Jessica saat ditemui di booth Evadne Atelier Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024). 

Baca juga: Apakah Gaun Pengantin Harus Warna Putih?

Baca juga: Mikha Tambayong Pakai Gaun Pengantin Ibunda tapi Sukses Hadirkan Look Modern

Minimal 4 bulan sebelum pesta pernikahan

Gaun pernikahan yang dipamerkan di booth Evadne Atelier, Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024).KOMPAS.com/Chrisstella Efivania Rosaline Gaun pernikahan yang dipamerkan di booth Evadne Atelier, Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024).

Meski demikian, Jessica pun mengungkap waktu yang ideal untuk melakukan fitting gaun pengantin adalah empat bulan sebelumnya. 

Menurut Jessica, waktu tersebut ideal karena dinilai pas untuk menyesuaikan desain, hingga mencari bahan dari gaun yang di-request

“Ukuran setelah fitting dalam waktu empat bulan itu kan sering ada yang berubah-ubah. Calon pengantin itu biasanya terlalu stres mikirin nikahan, sampai ada yang ukurannya turun banget, tapi ada juga yang ukurannya jadi naik banget,” tambah Jessica. 

Frekuensi fitting

Kebaya pengantin yang dipamerkan di booth Kaingara Studio, di Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024)KOMPAS.com/Chrisstella Efivania Rosaline Kebaya pengantin yang dipamerkan di booth Kaingara Studio, di Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024)

Hal yang sama diungkapkan desainer gaun dan kebaya pengantin dari Kaingara Studio, Sara (29), yang mengungkap hal serupa. 

“Tiga sampai empat bulan itu ideal, sih. Enggak terlalu lama, tapi enggak terlalu cepet juga. Tapi di sini yang perlu diperhatikan adalah, frekuensi fitting-nya,” kata Sara saat ditemui di booth Kaingara Studio Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024). 

Menurut Sara, frekuensi fitting bisa disesuaikan dengan vendor desainernya. 

Ada vendor yang memperbolehkan fitting berkali-kali tanpa batas maksimal, tapi ada pula yang punya aturan hanya boleh fitting beberapa kali. 

“Kalau di aku, (fitting) itu maksimal tiga sampai empat kali, itu udah maksimal. Karena desain aku kebanyakan embroidery, kan, jadi memang memakan waktu untuk bikin itunya aja,” tutur Sara. 

Fitting final

Jessica mengatakan, fitting final gaun pengantin sebaiknya dilakukan seminggu sebelum hari H pernikahan. 

“Dari desainer sih menyarankan seminggu, tapi kadang klien-klien ada yang fitting maksimalnya H-3 sebelum pernikahannya. Tapi menurutku itu terlalu mepet sih. Takutnya ukurannya berubah dan harus bongkar jahitan lagi, itu takes time,” pungkas Jessica. 

Baca juga: Vera Wang: Mempelai Wanita Lebih Pede Kenakan Gaun Pengantin Seksi

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com