Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Brand Makeup Lokal, Ada yang Dikira Merek Luar Negeri 

Kompas.com - 06/02/2024, 14:07 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Merek atau brand makeup lokal semakin menunjukkan eksistensinya di kalangan beauty enthusiast Indonesia. Bahkan, beberapa diantaranya sudah go international dan kerap dikira brand makeup dari luar negeri. 

Brand makeup lokal tersebut menawarkan beragam produk, mulai cushion, compact dan lose powder, lipstik, eyeshadow, foundation, blush on, mascara, highlighter, dan sebagainya. 

Baca juga:

Formula, packaging, serta variasi shade yang sesuai dengan kulit perempuan Indonesia berhasil menggaet minat konsumen. Lantas, apa saja brand makeup lokal yang bisa dijumpai di pasaran? Simak ulasannya berikut ini. 

Brand makeup lokal

Berikut beberapa brand makeup lokal seperti dihimpun Kompas.com. 

1. Wardah 

Lipstik dari Wardah Colorfit Series Lipstik dari Wardah Colorfit Series

Brand makeup lokal yang satu ini sudah tidak asing lagi di kalangan beauty enthusiast. Wardah merupakan salah satu merek di bawah bendera PT Paragon Technology and Innovation yang sudah berdiri sejak 1985. 

Selain makeup, wardah memiliki rangkaian produk skincare, haircare, hingga bodycare. Keunggulan brand makeup lokal ini adalah branding sebagai produk halal, natural, dan bebas alkohol. 

Saat ini, Wardah telah go internasional menembus pasar global. Pada 2016, Wardah menjadi brand kecantikan asal Indonesia pertama yang menghadirkan workshop di ajang New York Fashion Week.

2. Emina 

Emina Lip Cream TintEmina Official Shop Emina Lip Cream Tint

Emina juga berada di bawah bendera PT Paragon Technology and Innovation. Bedanya, brand makeup lokal ini lebih menyasar kalangan remaja. 

Emina menghadirkan beragam produk makeup dan skincare. Koleksi makeup Emina antara lain lipstik, liptint, lip matte, eyeshadow, eyeliner, mascara, blush, concealer, bedak, dan lainnya. 

Pada lini skincare, Emina merilis produk pembersih, serum, moisturizer, toner, dan masker. Karena menyasar kalangan remaja, produk Emina dibanderol dengan harga yang terjangkau untuk kalangan remaja. 

3. Make Over 

Koleksi kolaborasi Make Over dan desainer Tities Sapoetra, Bloom Infinite.Dok. Make Over Koleksi kolaborasi Make Over dan desainer Tities Sapoetra, Bloom Infinite.

Banyak orang mengira Make Over adalah merek dari luar negeri. Padahal, Make Over adalah brand makeup lokal yang berada di bawah naungan PT Paragon Technology and Innovation, bersama Wardah dan beberapa merek lain. 

Beragam rangkaian produk makeup dari Make Over seperti lipstik, foundation, cushion, eyeliner, eyeshadow, concealer, mascara, eye palette, dan sebagainya. 

Keunggulan Make Over adalah menyajikan produk yang sesuai dengan kulit perempuan Indonesia. Make Over juga telah berhasil go internasional dengan ikut serta di ajang fesyen dunia. 

4. ESQA 

Esqa Cosmetics membuka toko pertamanya yang berlokasi di Mal Pondok Indah (PIM) 2, Jakarta Selatan, pada Rabu (25/10/2023).KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Esqa Cosmetics membuka toko pertamanya yang berlokasi di Mal Pondok Indah (PIM) 2, Jakarta Selatan, pada Rabu (25/10/2023).

Pada Juli 2016, Kezia Toemion dan Cindy Angelina mendirikan brand makeup lokal ESQA. ESQA merupakan brand makeup lokal pertama di Indonesia yang mengusung konsep vegan, cruelty free, dan bersertifikat halal. 

ESQA diklaim menggunakan 100 persen bahan yang aman bagi kulit dan bersertifikat halal. Beberapa koleksi produk makeup dari ESQA antara lain blush on, lipstik, eyebrow, eyeshadow, eyeliner, face palette, cushion, concealer, dan sebagainya. 

Selain produk berkualitas, ESQA menawarkan packaging mewah sehingga menarik minat konsumen. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com