Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

13 Brand Makeup Lokal, Ada yang Dikira Merek Luar Negeri 

KOMPAS.com - Merek atau brand makeup lokal semakin menunjukkan eksistensinya di kalangan beauty enthusiast Indonesia. Bahkan, beberapa diantaranya sudah go international dan kerap dikira brand makeup dari luar negeri. 

Brand makeup lokal tersebut menawarkan beragam produk, mulai cushion, compact dan lose powder, lipstik, eyeshadow, foundation, blush on, mascara, highlighter, dan sebagainya. 

  • Tren Makeup dari Medsos yang Ngetren di 2024, Ada Douyin
  • Gaya Makeup Natural Masih Diminati di Tahun 2024

Formula, packaging, serta variasi shade yang sesuai dengan kulit perempuan Indonesia berhasil menggaet minat konsumen. Lantas, apa saja brand makeup lokal yang bisa dijumpai di pasaran? Simak ulasannya berikut ini. 

Brand makeup lokal

Berikut beberapa brand makeup lokal seperti dihimpun Kompas.com. 

Brand makeup lokal yang satu ini sudah tidak asing lagi di kalangan beauty enthusiast. Wardah merupakan salah satu merek di bawah bendera PT Paragon Technology and Innovation yang sudah berdiri sejak 1985. 

Selain makeup, wardah memiliki rangkaian produk skincare, haircare, hingga bodycare. Keunggulan brand makeup lokal ini adalah branding sebagai produk halal, natural, dan bebas alkohol. 

Saat ini, Wardah telah go internasional menembus pasar global. Pada 2016, Wardah menjadi brand kecantikan asal Indonesia pertama yang menghadirkan workshop di ajang New York Fashion Week.

Emina juga berada di bawah bendera PT Paragon Technology and Innovation. Bedanya, brand makeup lokal ini lebih menyasar kalangan remaja. 

Emina menghadirkan beragam produk makeup dan skincare. Koleksi makeup Emina antara lain lipstik, liptint, lip matte, eyeshadow, eyeliner, mascara, blush, concealer, bedak, dan lainnya. 

Pada lini skincare, Emina merilis produk pembersih, serum, moisturizer, toner, dan masker. Karena menyasar kalangan remaja, produk Emina dibanderol dengan harga yang terjangkau untuk kalangan remaja. 

Banyak orang mengira Make Over adalah merek dari luar negeri. Padahal, Make Over adalah brand makeup lokal yang berada di bawah naungan PT Paragon Technology and Innovation, bersama Wardah dan beberapa merek lain. 

Beragam rangkaian produk makeup dari Make Over seperti lipstik, foundation, cushion, eyeliner, eyeshadow, concealer, mascara, eye palette, dan sebagainya. 

Keunggulan Make Over adalah menyajikan produk yang sesuai dengan kulit perempuan Indonesia. Make Over juga telah berhasil go internasional dengan ikut serta di ajang fesyen dunia. 

Pada Juli 2016, Kezia Toemion dan Cindy Angelina mendirikan brand makeup lokal ESQA. ESQA merupakan brand makeup lokal pertama di Indonesia yang mengusung konsep vegan, cruelty free, dan bersertifikat halal. 

ESQA diklaim menggunakan 100 persen bahan yang aman bagi kulit dan bersertifikat halal. Beberapa koleksi produk makeup dari ESQA antara lain blush on, lipstik, eyebrow, eyeshadow, eyeliner, face palette, cushion, concealer, dan sebagainya. 

Selain produk berkualitas, ESQA menawarkan packaging mewah sehingga menarik minat konsumen. 

BLP Beauty merupakan salah satu brand makeup lokal ternama. Brand makeup ini didirikan pada 2016 oleh makeup artist ternama, Lizzie Parra.

Produk BLP Beauty, lip coat diterima dengan baik oleh kalangan beauty enthusiast. Kini, BLP Beauty telah memiliki lini baru yakni BLP Skin. 

Beberapa produk BLP Beauty antara lain lip product, cushion, concealer, tinted sunscreen, eyebrow, eyeshadow, bedak, dan sebagainya. Produk makeup BLP Beauty dikemas dalam kemasan minimalis yang menarik. 

Meskipun baru berdiri pada 2017 lalu, Dear Me Beauty menjadi brand makeup lokal yang sudah berhasil tembus pasar internasional. Dear Me Beauty mengeluarkan rangkaian produk makeup dan skincare yang terinspirasi dari kecantikan perempuan Indonesia.

Koleksi makeup Dear Me Beauty antara lain lipstik, lip tint, foundation, eyebrow, eyeliner, primer, corrector, dan sebagainya. Banyak produk Dear Me Beauty hasil kolaborasi dengan brand lainnya. Misalnya, Dear Me Beauty X SASA, Dear Me Beauty X Yupi, dan Dear Me Beauty X KFC.

Tak hanya di Indonesia, koleksi dari brand makeup lokal ini juga bisa didapatkan di berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, dan China.

Sejumlah artis Indonesia ikut merilis brand makeup lokal. Salah satunya adalah Madame Gie, milik Gisella Anastasia. 

Dengan packaging cantik dan harga affordable, Madame Gie tergolong cukup sukses menjaring konsumen. Kamu bisa mendapatkan produk makeup Madame Gie mulai dari Rp 10.000.

Madame Gie menyediakan beragam kebutuhan makeup, sekaligus skincare, bahkan produk perawatan rambut yang cukup lengkap.  

Selain Madame Gie, brand makeup milik artis yang cukup populer adalah Raine Beauty. Brand makeup lokal ini didirikan oleh penyanyi Raisa Andriana bersama sahabatnya, Titania Fairuskha. 

Merek yang namanya diambil dari nama tengah putri Raisa, yakni Zalina Raine Wyllie ini baru diluncurkan pada Agustus 2022. Produk dari Raine Beauty meliputi lipstick, lip velvet, dan liquid blush, dan sekarang sudah ada pula foundation hingga setting powder. 

Ketersediaan shade dari produk kosmetik Raine Beauty juga dinilai cocok untuk warna kulit orang Indonesia. 

Luxcrime brand makeup lokal yang didirikan sejak 2015 oleh Achmad Nurul Fajri. Merek ini merilis produk makeup dan skincare yang terinspirasi oleh kecantikan perempuan Indonesia, seperti lipcream, eyeshadow, eyebrow, eyeliner, blush, cushion, setting spray, dan lainnya. 

Produk keluaran Luxcrime diklaim menggunakan bahan dan formula berkualitas. Selain itu, produk Luxcrime bebas tanpa melakukan eksperimen pada hewan dan bebas bahan kimia berbahaya.

Produk Luxcrime dikemas dalam packaging yang menarik sehingga menarik minat konsumen. Selain itu, harganya pun cenderung terjangkau. 

Brand makeup lokal yang satu ini kerap dikira merek luar negeri. Namun, Rose All Day merupakan brand makeup yang didirikan oleh tiga perempuan Indonesia pada 2017, yakni Tiffany Danielle, Samatha Wijaya dan Cindy Gunawan.

Produk pertama Rose All Day yang mencuri perhatian publik adalah Rose All Day Lip & Cheek Duo. Kini, Rose All Day memiliki banyak produk makeup mulai dari lip product, eyebrow, eyeliner, mascara, cushion, essence, blush, concealer, compact powder, sunscreen, dan sebagainya.

Produk makeup dari Rose All Day sempurna untuk riasan sehari-hari dengan tampilan “no makeup" makeup look. Selain itu, semua produk Rose All Day diklaim bebas paraben dan cruelty free. 

Serupa, Rollover Reaction kerap dikira merek luar negeri. Padahal, brand makeup lokal ini didirikan pada 2016 oleh empat perempuan Indonesia, Naya Tinanda Nabila, Dinar Amanda, Sarah Novia, dan Novianti Haryanto. 

Produk pertama Rollover Reaction adalah lip liquid yang sukses di pasaran. Kini, Rollover Reaction memiliki sejumlah produk antara lain, lip and cheeck tint, luminizing stick, cushion, lip velvet, dan sebagainya. 

Rollover Reaction berhasil menjadi salah satu brand makeup lokal yang banyak diincar oleh beauty blogger maupun beauty enthusiast. 

Memiliki nama cukup unik, Mizzu kerap disangka merek dari Jepang. Padahal, Mizzu adalah brand makeup lokal yang didirikan pada 2012. 

Produk keluaran pertama Mizzu adalah eyeliner. Kini, Mizzu merilis beragam produk makeup, seperti lipstik, lip cream, cushion, eyeshadow, dan sebagainya. 

Daya tarik Mizzu adalah kemasan yang unik dan menarik. Selain itu, Mizzu juga melakukan kolaborasi unik, seperti Mizzu X Sasa dan Mizzu X Khong Guan. 

SASC merupakan akronim dari Socially Aware Sexy Cosmetics. Nama itu dipilih, karena pendirinya ingin membawa misi empower women dengan lebih peduli dengan local community.

Brand makeup lokal ini, didirikan pada 2017 oleh Priscilla Pangemanan, Felicia Senjaya, dan Michelle Karli. Beberapa produk keluaran SASC antara lain, lip liquid, face palette, eyeliner, face mist, dan sebagainya. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/02/06/140737420/13-brand-makeup-lokal-ada-yang-dikira-merek-luar-negeri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke