Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Makeup Natural Skin Glow yang Makin Ngetren pada 2024

Kompas.com - 07/02/2024, 14:19 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tren gaya makeup selalu berubah setiap tahunnya mengikuti perkembangan zaman.

Pada tahun 2024 ini, misalnya, ada berbagai macam tren makeup yang diprediksi akan meningkat, salah satunya makeup natural skin glow.

Dengan mengedepankan tampilan wajah yang lebih bercahaya (glowing) secara alami, gaya makeup ini masih diminati karena lebih simpel dan tidak banyak menggunakan produk kosmetik.

Baca juga: Tips Perawatan Kulit agar Wajah Tetap Glowing

Kompas.com pun merangkum beberapa tips makeup natural skin glow yang bisa dicoba di rumah.

Tips makeup natural skin glow

1. Merawat skin barrier

Kunci utama dalam membuat makeup natural glow adalah dengan merawat kulit dari dalam, yakni melalui skin barrier.

Menurut survei yang dilakukan PT Cosmax Indonesia belum lama ini, pengguna produk kecantikan mulai menyadari bahwa hasil makeup yang bagus juga dipengaruhi oleh kulit yang lebih sehat.

Maka dari itu, mereka akan lebih memperhatikan apakah produk skincare yang digunakan punya manfaat jangka panjang atau tidak.

"Konsumen di Indonesia sudah pintar dan paham betul skin barrier adalah kunci utama bagaimana mendapatkan healthy skin glow," terang Part Leader Strategic Marketing PT Cosmax Indonesia, Clara Insaniputri, dalam konferensi kecantikan Cosmax Innovation Conference 2024 di Jakarta, Senin (5/2/2024).

"Berkaitan dengan skin barrier itu sendiri, konsumen Indonesia juga memahami pentingnya menggunakan skincare tidak hanya untuk sementara, tapi dapat memperbaiki kondisi kulit dalam jangka waktu yang panjang," jelas dia.

Baca juga: 12 Makanan yang Bisa Bikin Wajah Glowing

2. Memakai kosmetik sesuai dengan warna kulit

Clara mengungkapkan, saat ini banyak merek membuat produk kosmetik yang lebih beragam untuk menjangkau warna kulit orang-orang di Indonesia.

Memilih produk kosmetik yang sesuai warna kulit akan membuat tampilan makeup lebih natural dan juga bercahaya, tanpa terlihat ashy atau keabu-abuan.

"Berkaitan dengan natural skin glow, semua orang kan punya selera makeup masing-masing ya, jadi di tahun 2024 produk makeup akan dikembangkan sesuai kebutuhan konsumen," kata Clara.

Menurut dia, untuk mewakili kulit natural konsumen di Indonesia yang sangat bervariasi, setiap produk biasanya mengeluarkan shade yang lebih banyak.

3. Memakai warna-warna satin

Selain itu, dalam mewujudkan gaya makeup yang lebih natural, Clara juga menjelaskan, warna-warna satin akan membuat kulit terlihat glow namun tetap ada kesan matte agar orang-orang yang kulit wajahnya berminyak bisa tersamarkan.

"Ini juga masih mengadapatasi dari tren K-beauty — yang mengaplikasikan makeup natural skin glow — karena kesannya orang Korea itu kan punya kulit wajah yang sehat dan glowing," terangnya.

Clara pun merekomendasikan beberapa warna-warna yang cocok untuk makeup natural skin glow, seperti coral atau peach dengan perpaduan warna oranye dan pink.

Baca juga: Rekomendasi Cara dan Bahan Eksfoliasi agar Kulit Makin Glowing

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com