Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2023, 09:31 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semua orang menginginkan kulit wajah glowing yang sehat. Ada banyak produk perawatan kulit di pasaran yang menjanjikan hasil instan, tetapi seringkali solusi terbaik dapat ditemukan di sekitar kita.

Buah-buahan, selain menjadi makanan yang lezat dan menyegarkan, juga dapat menjadi kunci untuk mendapatkan kulit wajah glowing bak artis Korea.

Buah-buahan memiliki kandungan vitamin penting, mineral, antioksidan, dan nutrisi lain yang dapat membantu menutrisi dan meremajakan kulit kamu dengan cara-cara sebagai berikut:

Memberikan nutrisi

Buah-buahan seperti jeruk, pepaya, dan kiwi mengandung banyak vitamin C. buah-buahan tersebut berperan penting dalam pembentukan kolagen.

Kolagen adalah protein yang memberikan struktur dan elastisitas pada kulit. Sementara, vitamin C membantu menjaga dan memperbaikinya.

Melawan radikal bebas

Buah-buahan seperti beri, anggur, dan delima mengandung antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil yang dapat merusak sel dan berkontribusi pada penuaan dini dan masalah kulit lainnya.

Baca juga: Begini Cara Mudah agar Wajah Glowing Tanpa Menguras Kantong

Menghidrasi kulit

Buah-buahan seperti semangka, mentimun, dan stroberi memiliki kandungan air yang tinggi, yang dapat membantu menghidrasi kulit dan menjaganya agar tetap kenyal dan tampak awet muda.

Memperbaiki tekstur kulit

Buah-buahan seperti pepaya dan nanas mengandung enzim yang dapat membantu mengelupas sel kulit mati, membuka pori-pori yang tersumbat, dan memperbaiki tekstur kulit.

Mengurangi peradangan

Buah-buahan seperti ceri dan blueberry mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit.

Secara umum, menambahkan beragam buah-buahan ke dalam pola makan kita dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk tetap sehat dan glowing.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan wajah glowing:

Konsumsi beragam buah-buahan

Sertakan berbagai jenis buah-buahan seperti pepaya, beri, jeruk, kiwi, jambu biji, dan semangka dalam menu harian kamu. Kandungan vitamin dan antioksidan dalam buah-buahan ini dapat meningkatkan kesehatan kulit kamu.

Buat masker wajah alami dari buah-buahan

Campurkan buah-buahan yang telah dihaluskan seperti pisang, alpukat, atau stroberi dengan madu, yogurt, atau oatmeal untuk membuat masker wajah yang bernutrisi.

Oleskan masker ini pada wajah dan biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Baca juga: 10 Perawatan Mudah yang Bisa Bikin Wajah Lebih Glowing

Minum air infus buah

Kombinasikan air dengan buah-buahan seperti lemon, mentimun, dan mint untuk menjaga kelembapan kulit dan kesehatannya. Meminum cukup air dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh, yang pada gilirannya membuat wajah glowing.

Gunakan jus buah pada kulit

Kamu juga bisa mengoleskan jus buah segar langsung pada kulit. Sebagai contoh, oleskan jus jeruk segar pada wajah dan biarkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Kandungan vitamin C dalam jeruk dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi munculnya bintik-bintik hitam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com