Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mudah agar Wajah Glowing Tanpa Menguras Kantong

Kompas.com - 12/08/2023, 08:08 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Banyak orang mendambakan wajah glowing. Pasalnya, wajah yang bercahaya merupakan gambaran kulit yang sehat. Wajah yang kusam atau kering biasanya dapat membuat seseorang merasa kurang percaya diri.

Meski begitu, perawatan wajah di klinik terkadang membutuhkan biaya yang cukup mahal. Tapi tak perlu khawatir karena ada beberapa cara agar wajah terlihat glowing dengan harga yang lebih terjangkau, termasuk menggunakan bahan yang mudah didapatkan di rumah.

Berikut 10 produk rumahan yang bisa menjadi rutinitas kecantikan.

Menghaluskan kulit dengan minyak kelapa murni

Minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi, dan antioksidan. Namun, penggunaan minyak kelapa ini mungkin tidak cocok untuk semua jenis kulit. Apalagi jika kita memiliki alergi terhadap kelapa.

Jika tak memiliki alergi terhadap kelapa, minyak kelapa ini dapat digunakan untuk menghapus riasan wajah, menghaluskan pelindung kulit, serta membuat kulit tampak dewy dan sehat.

Minyak kelapa terbukti merupakan pelembab yang baik. Cobalah untuk melakukan pemijatan pada wajah dengan minyak kelapa. Biarkan minyak meresap selama beberapa menit sebelum menggunakan pembersih wajah biasa.

Baca juga: 5 Manfaat Memakai Minyak Kelapa untuk Kulit

Gunakan lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat penyembuhan dan dapat merangsang pertumbuhan sel baru. Lidah buaya juga dapat menenangkan dan melembabkan tanpa menyumbat pori-pori.

Menggunakan lidah buaya setelah mencuci muka setiap hari dapat memberikan kulit Anda cahaya yang sehat.

Meski begitu, ada beberapa orang yang alergi terhadap lidah buaya. Ada baiknya untuk mengujinya terlebih dahulu.

Untuk mengetahui apakah kita memiliki alergi terhadap lidah buaya, cobalah mengoleskan sedikit lidah buaya pada tangan. Jika tidak ada reaksi selama 24 jam, artinya lidah buaya aman untuk digunakan.

Baca juga: Kenali, 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit dan Kesehatan

Melembabkan dengan benar setelah mencuci wajah

Oleskan pelembab pada kulit saat masih basah setelah mandi atau setelah membilas wajah. Hal ini akan mengunci kelembaban ekstra agar wajah terasa halus. Jika memiliki jenis kulit berminyak, jangan lewatkan pelembab.

Gunakan tabir surya

Memakai tabir surya dengan SPF 15 atau lebih dapat mencegah kanker kulit. Menjaga kulit  terlindung dari sinar UV yang berbahaya juga dapat mencegah photoaging, yaitu proses penuaan kulit.

Pastikan untuk mengoleskan produk tabir surya setiap hari sesering mungkin, bahkan pada saat hujan atau langit mendung.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Begini Cara Pakai Tabir Surya yang Tepat

Mencuci wajah

Mencuci wajah setelah berkeringat di pagi hari dan tepat sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Jangan mencuci wajah terlalu sering, hal ini hanya akan menghilangkan kelembaban wajah dan mendorong wajah memproduksi terlalu banyak minyak.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com